Kejari Bandung Musnahkan Ribuan Barang Rampasan

4

Kejaksaan Negeri Bandung memusnahkan ribuan barang rampasan narkotika, psikotropika, alat perjudian, senjata api, senjata tajam, minuman keras dan perkara lainnya, di halaman belakang kantor KEJARI, rabu pagi. Barang-barang rampasan tersebut dimusnahkan dengan kekuatan hukum tetap.

Ribuan barang jenis barang ini, merupakan hasil penyitaan dari tindak pidana umum dan tindak pidana khusus, periode September 2018 sampai September 2019 tersebut. Barang-barang tersebut terdiri dari narkotika, psikotropika, alat perjudian, senjata api, senjata tajam, minuman keras, kosmetika yang melanggar undang-undang kesehatan, yang melanggar undang-undang pangan, dan lainnya. menurut kepala Kejaksaan Negeri Bandung, Nurizal Nurdin, dimusnahkan dengan kekuatan hukum tetap.

Pemusnahan dilakukan dengan tiga cara, yaitu diblender khususnya untuk obat-obatan, dilindas menggunakan stoomwall, serta dibakar.

Untuk tindak pidana umum, terdapat 678 perkara, diantaranya ganja seberat 16 koma 8 kilogram, gorila 2 ribu gram, kokain 17 koma 6 gram, shabu 2 koma 6 kilogram, psikotropika 5 ribu 156 tablet, 26 perkara perjudian yang terdiri dari handphone dan lain-lain, 19 perkara yang melanggar undang-undang kesehatan dan pangan, senjata tajam, 420 botol minuman keras, dan lain-lain. Selain itu, juga ada barang rampasan perkara tindak pidana khusus, diantaranya 147 ekor bubut lobster, boarding passa, tas, hingga handphone. Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengharapkan kerjasama diantara instansi penegak hukum untuk semakin mengurangi kejahatan agar bandung tidak jadi pusat peredaran miras dan narkotika.

Terdapat barang bukti bernilai tinggi yang turut dimusnahkan dalam pemusnahan tersebut, yaitu narkoba jenis sabu senilai lebih dari satu koma tiga miliar rupiah.

Budi Hartati, Bandung Tv.