Bukit Lambosir Setianegara Menawarkan Sensasi Keindahan Alam

32

Kabupaten Kuningan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak i tempat wisata , terutama diwilayah kaki Gunung Ciremai.  Tempat wisata yang Mandalawangi kunjungi berada di kaki Gunung Ciremai  wilayah Desa Setianegara Kecamatan Cilimus . Tempat wisata  bernama Bukit Lambosir , mungkin  belum seterkenal Panembongan, Tenjo Laut atau objek wisata lainnya. Namun untuk urusan keindahan pemandangan, Lambosir menawarkan sensasi yang sangat luar biasa. Betapa tidak, dari kawasan yang berada di ketinggian 849 mdpl itu terlihat panorama Setu Patok yang berada di Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon.  Nama Lambosir berasal dari nama daging bagian dalam yang memiliki rasa paling enak. Menurut pengelola  objek wisata tersebut, masyarakat menamai  Lambosir karena harapan akan lingkungan yang enak dan tenteram untuk ditinggali.

Beberapa pemandangan yang bisa dinikmati di antaranya  pemandangan ke arah kota Kuningan dan Cirebon. Serta pemandangan alam yang begitu menakjubkan, seperti Gunung Ciremai, bukit-bukit, perkebunan dan pematang sawah. Salah satu spot favorit yang cocok untuk kegiatan fotografi , antara lain batu  besar yang sekaligus menjadi ikon wisata alam ini. Batu-batu disini menurut pengelola,  memiliki cerita tersendiri hingga batu-batu tersebut mempunyai nama. Untuk harga tiket masuk bukit Lambosir  Rp. 10.000,- / orang. Harga tersebut sudah termasuk kedalam biaya parkir motor di area bukit Lambosir dan asuransi jiwa . Dari tempat tiket masuk ke area bukit Lambosir  berjarak kurang lebih 500 meter.

Bukit Lambosir memiliki ketinggian kurang lebih 700 meter di atas permukaan laut. Beberapa hal yang menjadi daya tarik  wisata alam Bukit Lambosir adalah lingkungannya yang sangat khas berada di kawasan hutan. Untuk mencapai lokasi cukup mudah, bisa ditempuh melalui Linggarjati kemudian ke Desa Setianegara dan terus menyusuri jalan aspal desa sampai naik ke gunung. Bagi yang suka jalan kaki, rute yang menanjak dan berkelok menjadi tantangan tersendiri. Butuh waktu sekitar setengah jam dari batas Desa Setianegara untuk sampai ke Villa Lambosir.Medan yang indah ditambah latar belakang Gunung Ciremai yang seperti terlihat sangat dekat, makin memanjakan mata pengunjung. Sepanjang jalan tidak ada pemukiman penduduk,  jalannya hanya bisa dilalui satu kendaraan roda empat. Sejumlah pengunjung memanfaatkan libur akhir pekan untuk sekadar menikmati pemandangan Lambosir.

Saat hari libur akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional, biasanya pengunjung Bukit Lambosir cukup ramai. Sebagian besar pengunjung Bukit Lambosir justru berasal dari luar wilayah Kuningan, seperti Cirebon, Majalengka, hingga Indramayu. Tempat satu ini sudah menjelma sebagai tempat wisata favorit keluarga lantaran jalanan menuju Bukit Lambosir sudah bagus dan cukup mudah dilalui. Jika Anda ingin merasakan suasana yang lebih tenang atau sepi,  Anda bisa camping atau sekadar berkunjung ke Bukit Lambosir di luar hari libur atau saat hari kerja. (E – 001) ***