Curug Talaga Surian Habitat Wisata Alam TNGC  

78

Keindahan bisa di dapatkan dari mana saja, seperti dari alam misalnya. Alam menawarkan begitu banyak keindahan bagi setiap orang yang melihatnya. Hijaunya daun, luasnya hamparan perbukitan pegunungan dan sebagainya. Di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) memiliki pesona keindahan yang beragam. Salah satunya obyek wisata alam Talaga Surian  di Desa Puncak, Cigugur, Kuningan yang berada pada ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (mdpl).  Talaga Surian, dari namanya mungkin yang terpikir dalam benak kita adalah sebuah telaga/kolam yang luas yang bisa dipakai untuk berenang. Namun saat kita datang ke Talaga Surian ekspetasi kita diluar dugaan. Karena Talaga Surian menyajikan hamparan pohon pinus yang menjulang tinggi. Alam yang sejuk, pemandangan yang menawan di bawah kaki Gunung Ciremai menambah betah bagi pengunjung.

Sejuknya udara pegunungan di tambah suara gemuruh angin sekaligus suara kicauan burung menambah ketentraman jiwa siapa saja yang berwisata ke sini. Untuk menuju ke wisata Telaga Surian , cukup  mudah  bisa melalui wilayah Desa Puncak , tapi yang paling gampang lewat Desa Santana melewati Wisata Alam Palutungan, Wisata Alam Tenjo Laut , tempuh terus jalan  ke arah selatan menuju  Wisata Alam Talaga Surian . Dari tempat wisata ini bisa terlihat pemandangan hampir ke seluruh Kota Kuningan,  selain pohon pinus yang rindang dan rapat yang lain menambah sejuknya area tempat wisata. Selain  di tempat  wisata ini terdapat air terjun bernama Curug Talaga Surian, tebing batu , juga makam yang di keramatkan oleh penduduk sekitar.

Fasilitas yang ada di Talaga Surian  di antaranya, perahu motor, sepeda air, gazebo, mushola, toilet, cafetaria, toko cinderamata, warung makan dan tempat parkir. Untuk harga tiket masuk  Rp 10.000 dan biaya parkir kendaraan Rp 3.000. Wisata alam ini pun telah dilengkapi fasilitas penunjang yang cukup nyaman, mulai dari gazebo, pos informasi, areal parkir, mushola, bangku dan ayunan tempat bersantai. Tak hanya itu, area tempat untuk foto dan tangga warna-warni pun ada di lokasi ini. disini kita bisa melihat pemandangan Kota Cirebon dan Kuningan dari ketinggian kurang lebih 800 mdpl (meter diatas permukaan laut) .Selain bisa melihat view kota yang indah, disini juga terdapat hamparan pohon pinus yang menancap dan menjulang tinggi. Sangat cocok untuk dijadikan view foto selfie. Kita akan mendapatkan banyak suguhan keindahan alam . Disini banyak disediakan spot foto menarik, mulai dari gazebo, ayunan gantung, rumah pohon, hingga kursi yang menambah kita semakin betah disini.

Talaga Surian juga sangat cocok untuk anda yang senang kemping. View kota dan gemerlapnya lampu disini menjadi pemandangan yang sangat indah untuk dinikmati pada  malam hari. Selepas sore atau pagi hari anda bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Sungguh pemandangan yang sangat indah . (E-001) ***