31 Team Adventure Offroad ”Grudug” Jalur Ekstrem Bandung-Sumedang

74

Sebanyak 31 team, berjumlah 93 kendaraan ikut andil meramaikan event tahunan West Java Adventure Offroad yang digagas oleh Paguyuban Jeep Bandung yang telah memasuki perhelatan  ke-20. Peserta yang menggunakan mobil berspesifikasi khusus 4×4  datang dari berbagai kota.

Kegiatan bernama West Java Adventure Off-road 20 2019 ini menempuh jarak ± 100 km. WJAOR dirancang khusus untuk semua peminat kendaraan four wheels drive , digelar selama 4 hari mulai 06 hingga  10 November 2019, star dari Bandung yang berakhir di Bumi Perkemahan Kiarapayung Jatinangor Kabupaten Sumedang. Wisata Adveture Off-road ini mengawali perjalanannya dari halaman kantor Kodiklat TNI AD Jalan Aceh Bandung , dilepas  langsung oleh Komandan Kodiklat TNI AD Letjen TNI Anto Mukti Putranto.

“Mempertahankan 20 tahun penyelenggraan WJAOR  memang tidak mudah. Dengan segala kiprahnya Paguyuban Jeep Bandung  berupaya untuk mengembangkan potensi wisata yang dimiliki oleh sebuah daerah. Seperti daerah Desa Cijambu dan Ciherang Kecamatan Tanjungsari yang dilewati memiliki wana wisata alam yang sangat memadai,”kata Hasnil, Ketua Pelaksana WJAOR XX.

Keseluruhan peserta menyusuri trek yang sangat variatif mulai dari yang berkarakter ringan dan sangat ekstrem. Mereka mengawalinya dengan menyusuri kawasan hutan Manglayang, Palintang, Dano,Cipacet, bermalam di Base Camp 1 di Lapangan Bola Baru Cijambu.  Ditempat ini, pada hari kedua sebelum para offroader melanjutkan perjalanannya, Kodiklat TNI AD yang ikut mendukung kegiatan rutin PJB ini, melakukan bakti sosial bersama dengan membagikan paket sembako dan merenovasi musholla yang ada di Desa Cijambu Kecamatan Tanjungsari.

“Kegiatan Baksos ini, merupakan bentuk dukungan Kodiklat TNI AD terhadap Paguyuban Jeep Bandung (PJB) yang dalam  rutin menggelar event tahunan WJAOR. Bakti sosial ini merupakan bagian dari kegiatan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat di daerah terpencil,  juga sebagai bentuk nyata kedekatan TNI AD bersama masyarakat serta para penghobi offroad 4×4,”ujar, Letjen TNI AM Putranto, Dan Kodiklat TNI AD.

Kegiatan ini merupakan wujud eksistensi untuk mengimbangi dinamika dan perkembangan dunia otomotif yang terus bergerak pesat di tatar parahyangan, khususnya di dunia adventure offroad. Acara yang dikemas oleh Paguyuban Jeep Bandung ini,  mengakomodir semua keinginan masyarakat atau kaum four wheeler untuk berkompetisi dan menyalurkan bakat serta hobi berpetualang, sambil mengenal segala potensi daerah yang ada di Kabupaten Sumedang dan sekitarnya.

Perjalanan hari terakhir menuju finish di bumi perkemahan Kiara Payung Jatinangor, kondisi trek tak begitu berat karena cuaca cerah cukup bersahabat sepanjang hari. Para peserta melalui jalur country road terakhir melalui beberapa jalan desa di Rancakalong dan Tanjungsari.

Setelah menjalani Country Road selama 3 hari, akhir dari kegiatan West Java Adventure Off-road 20 2019, diisi dengan sesi ketangkasan Trail  Stage. Ada 3 buah Trail Stage disiapkan dengan berbagai handicap yang cukup menangtang serta menguji skill offroader dan kekompakan tim. Sesi ini menjadi point penilaian akhir peserta.

Perhelatan akbar yang memperebutkan trophy bergilir Gubernur Jawa Barat ini, berhasil diraih oleh tim Bio farma yang berhasil mencetak waktu tercepat di TS 1 dan TS 3. Dua tim  lainnya yaitu Jeeprut dan Woles, berhak meraih predikat juara kedua dan ketiga. Beberapa hadiah Dooprize sesi akhir yang dinanti oleh segenap peserta, salah satunya 1 unit mobil Suzuki Jimny.

“Ikut Event WJAOR terakhir pada tahun 2105 di Sukabumi. Sekarang kami hadir kembali, dan  Allhamdulillah tahun ini meraih Juara Umum kembali dengan Trophy Piala Gubernur Jawa Barat yang pernah singgah ketika tim ini ikut berlaga di WJAOR tahun 2007 di Pantai Pangandaran. Cukup enjoy serta senang menghadapi setiap tahapan Country road melahap medan-medan esktrem, jalan yang sempit yang disertai tebing dan jurang. Pemandangannya sangat eksotis sekali,  di sesi terakhir TS 1 dan TS 3 kami mencatatklan waktu yang tercepat, berkat kekompakan serta solidnya seluruh tim dan kru mekanik,”kata Alam, salah satu Offroader tim Bio Farma 4×4 Adventure Offroad. (E-002)***