Buruh Tuntut Gubernur Tetap Keluarkan SK UMK

35

Puluhan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional atau SPN Jawa Barat, berunjuk rasa di depan Gedung Sate Bandung, Rabu siang. Mereka menuntut Gubernur tetap mengeluarkan SK UMK, tidak menyerahkannya kepada Kabupaten Kota. Menurut buruh, jika penetapan UMK diserahkan ke Kabupaten Kota, disparitas upah di jabar akan semakin tinggi.

Puluhan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional Atau SPN Jabar, mendatangi Gedung Sate Bandung, Rabu siang. Para buruh tersebut menyatakan penolakan mereka terhadap penetapan upah minimum Kabupaten Kota yang menggunakan PP Nomor 78 Tahun 2015, dan penetapan upah minimum Sektor Garmen.

Para buruh pun menyatakan penolakan mereka terhadap kebijakan pemerintah provinsi JABAR, terkait tidak akan dikeluarkannya SK Upah Minimum Kabupaten Kota oleh Gubernur. Menurut buruh, hal tersebut merupakan kemunduran bagi buruh di jabar, karena rendahnya tingkat UMP Jabar. Apalagi, hal tersebut akan membuat disparitas upah di Kabupaten Kota di Jabar semakin jauh.

Buruh mengancam, akan terus melakukan aksi jika Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak menanggapi positif aksi mereka, dengan puncaknya pada 21 November 2019, Saat UMK ditetapkan. bahkan, mereka pun mengancam akan memptunkan Gubernur.

Budi Hartati, Bandung Tv.