Pepedan Hills Panorama Alam Di Atas Awan 

296

Penataan pariwisata Pangandaran tengah gencar dilakukan oleh Pemkab Pangandaran yang disokong Pemprov Jawa Barat. Kawasan Pangandaran rencananya akan disulap menjadi kawasan strategis pariwisata Jawa Barat yang pola pengembangannya akan menyerupai kawasan wisata tujuan utama pelancong seperti pulau Bali atau Yogyakarta.Salah satu bentuk pengembangan di sektor pariwisata Pangandaran mulai memadukan atraksi wisata alam dan wisata hits kekinian.Salah satu lokasi pengembangan ini dinamakan Pepedan Hills,berlokasi dikawasan  di Kampung Pepedan Desa Selasari Kecamatan Parigi. Untuk menuju ke Pepedan Hills, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 20 km dari pusat Kota Pangandaran. Dari arah kota,  masuk ke Jalan Merdeka dan mengikuti jalan lurus hingga  Jalan Raya Wonoharjo. Selanjutnya  ikuti Jalan Raya Wonoharjo hingga  Jalan Cijulang ,  Jalan Selasari hingga sampai di kawasan Pepedan Hills.

Lokasinya yang  mudah ditempuh sangat memungkinkan bagi wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran tidak melewatkan begitu saja obyek wisata yang satu ini, dari atas bukit Pepedan wisatawan dapat menikmati landscape bumi Priangan Timur dengan pesonanya yang memikat.Pepedan Hills merupakan bukit yang berada di antara perbukitan hijau yang ada di Pangandaran,  letaknya yang berada di tengah perbukitan menjadikan Pepedan Hills sangat indah, sehingga  wisatawan seolah sedang berada di atas awan. Salah satu spot favorit terutama bagi wisatawan muda-mudi adalah bukit cinta yang memiliki papan berbentuk hati. Dari atas bukit cinta ini wisatawan bisa menikmai panorama perbukitan dari ketinggian sambil berfoto selfie. Selain jadi spot foto yang cantik, bukit cinta ini juga jadi spot favorit untuk menikmati matahari senja. Pemandangan yang tersaji dari atas bukit ini jadi makin  romantis saat matahari tenggelam.

Untuk wisatawan yang lebih suka tantangan dan tak hanya berfoto saja,  ayunan tepi jurang bisa jadi pilihan atraksi yang harus dicoba. Ayunan ini memiliki latar panorama yang tak kalah cantik dengan bukit cinta. Tak perlu khawatir , sebab sebelum bermain ayunan, wisatawan akan dilengkapi alat pengaman terlebih dahulu. Jadi kenyamanan dan keamanan wisatawan tetap terjaga.Spot lainnya ialah  rumah pohon, di rumah pohon ini sudah ada tempat untuk duduk santai . Karena namanya rumah pohon tentu saja rumah ini berada di atas pepohonan. Dari atas rumah pohon ini wisatawan dapat merasakan suasana tenang dengan pemandangan perbukitan yang hijau dan suara kicauan burung.Rumah pohon ini juga kerap dijadikan tempat berfoto oleh wisatawan. Namun karena ukurannya yang tidak terlalu besar, ada baiknya untuk saling bergantian agar tidak membahayakan.

Selain menyediakan spot foto kekinian dan panorama alam, Pepedan Hills juga menyediakan camping ground untuk wisatawan yang ingin bermalam di alam terbuka. Agar memudahkan wisatawan pihak pengelola juga menyiapkan tempat persewaan alat camping. Mulai dari tenda, matras, sleeping bag, dan lainnya. (E-001) ***