Jelajah Pantai Selatan VCB Gelar Wingday ke-8 di Geopark Ciletuh-Sukabumi

152

Kegiatan internal dua tahunan yang ditunggu oleh segenap anggota Vespa Club Bandung (VCB) kembali digelar. Tradisi ini seakan menjadi  kegiatan wajib bagi para pencinta motor  lansiran Italia ini. Vespa Club Bandung baru saja menyelesaikan perhelatan rutin 2 tahunan Wingday ke-8 “Jelajah Pantai Selatan” yang digelar selama 3 hari  (08-10 November 2019).

Rute Wingday yang dilakukan oleh anggota VCB selalu berbeda. Untuk tahun ini VCB mengambil rute Wingday 8 ke Geopark Ciletuh Sukabumi.

Sebanyak 50 scooterist ikut andil  dalam konvoy yang diawali dari Bandung menyusuri Cianjur, Sukabumi, Pelabuhan Ratu dan berakhir di Geopark Ciletuh.

“Wing Day merupakan kegiatan tradisi Vespa Club Bandung untuk memberikan apresiasi kepada anggota pemilik motor Vespa yang telah menempuh perjalanan sepanjang 400 kilometer.Tentu saja nilai perjuangan menggunakan motor tua dengan kondisi mesin seadanya merupakan sebuah cerita penuh makna dari segelintir sccoterist yang menempuh perjalanan yang cukup melelahkan,”ujar Opick, ketua Vespa Club Bandung.

Jerih payah dan perjuangan tak kenal menyerah untuk kiprah tersebut,  sepantasnya diberi sebuah penghargaan. Bagi mereka yang tiba hingga garis finish, disematkan sebuah lencana (wing) logam sebagai tanda telah mengikuti prosesi perjalanan bersejarah ini. Geopark Ciletuh menjadi saksi disematkannya wing yang diberikan kepada total 50 scooterist yang notabene adalah anggota Vespa Club Bandung.

Beberapa disematkan di jaket atau rompi yang dikenakan. Rangkaian keseluruhan ritual tersebut, lantas dikenal dengan nama Wing Day. Hingga kini menjadi bagian dari kegiatan para pencinta sejati motor Vespa yang tergabung dalam Vespa Club Bandung.

“Kegiatan ini sebagai ajang mempererat silaturahmi antar anggota dan sebagai upaya memupuk rasa kebersamaan sekaligus sambil menguji mental seluruh anggota ketika touring menempuh perjalanan jauh. Proses perjalanan Bandung menuju Geopark Ciletuh dengan motor keluaran lama, menjadi obsesi dan kebanggan tersendiri bagi segenap anggotanya,”ujar Usep, salah satu sesepuh VCB.

Dalam kesempatan acara ini, VCB melantik 7 anggota baru yang telah menempuh serangkaian tahapan proses penerimaan anggota, untuk menjadi bagian dari keluarga besar Vespa Club Bandung yang kini jumlahnya sudah mencapai 287 anggota.

Senang sekali bisa masuk VCB. Klub motor vespa memiliki keunikan tersendiri dibandingkan club motor lainnya. Banyak hal yang paling terasa dalam club ini adalah kekeluargaan. Anak vespa akan dianggap seperti saudara atau anggota keluarga sesama anggota club. Saat nongkrong bareng, bahkan akan saling menyapa dan melempar senyum ketika bertemu di jalan. Anak-anak vespa dituntut untuk mengerti seluk-beluk mesinnya. Satu vespa sejuta saudara dan saling tolong-menolong,”ujar Sigit, salah satu anggota VCB yang berdinas di Pindad.

Agenda selanjutnya VCB akan merayakan hari ulang tahunnya yang ke-16 dan akan diselenggarakan di Villa Palalangon Ujungberung Bandung, pada 30 November 2019 mendatang. (E-002)***