BAWASLU JABAR Siap Awasi PILKADA Serentak 2020

8

Badan Pengawas Pemilu – BAWASLU Jawa Barat, resmi memulai tahapan pengawasan, bersama delapan BAWASLU Kabupaten Kota, yang melaksanakan pemilihan kepala daerah  secara langsung di 2020 serentak nanti,di Jawa Barat. Langkah ini dilaksnakan untuk menandai, tahapan pelaksanaan PILKADA 2020 sudah dimulai.

Dengan dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta jajaran MUSPIDA Jabar, BAWASLU Jawa Barat resmi memulai tahapan pengawasan, bersama delapan BAWASLU Kabupaten Kota, yang melaksanakan pemilihan kepala daerah  secara langsung di 2020 serentak nanti, di Jawa Barat. Peresmian tahapan pengawasan pemilihan kepala daerah secara serentak tersebut, digelar di Kota Bandung, Kamis pagi.

Peresmian tersebut, sebagai salah satu upaya penguatan internal kelembagaan, dengan tugas fungsi dan sosialisasi serta menginformasikan kepada seluruh jajaran terkait, khususnya peserta Pemilu masyarakat di Jawa Barat. Peresmian tersebut, sebagai simbol bahwa tahapan pelaksanaan PILKADA di 2020, sudah mulai dan BAWASLU siap melakukan fungsi pengawasan. Pemilihan kepala daerah secara langsung tersebut, akan di gelar di delapan Kabupaten Kota.

Ketua BAWASLU Jawa Barat – Abdullah mengatakan, PILKADA serentak di delapan Kota Kabupaten di Jawa Barat tahun 2020, merupakan salah satu ekspektasi publik,terkait pelaksanaan Pemilu langsung oleh rakyat, untuk memilih delapan kepala daerah. Peresmian tersebut, juga sebagai ajang mewaspadai terjadinya beberapa persoalan yang bisa saja muncul, seperti adanya persoalan politik transaksional, politik uang, netralitas ASN yang akan mencederai integritas proses pelaksanaan pemilihan kepala daerah secara langsung.

Gubernur Jawa Barat – Ridwan Kamil menyatakan, pelaksanaan pilkada serentak di Jawa Barat berdasarkan pengalaman pada pelaksanaan Pemilu 2019, berlangsung aman dan kondusif, dan hal ini menandakan orang Jawa Barat senang pada demokrasi,d an tingkat partisipasinya terus meningkat.

Untuk menunjang kinerja BAWASLU dalam pengawasan PILKADA serantak 2020, saat ini BAWASLU Jawa Barat menyediakan kanal bernama saluran aspirasi masyarakat atau salam di dalam laman BAWASLU jawa barat. kanal ini merupakan inisiatif BAWASLU Jawa Barat dalam menampung informasi masyarakat mengenai dugaan tindak pelanggaran pemilu.

Yuwana Kurniawan, Bandung Tv.