Ratusan Buruh Kawal Pengesahan UMK

64

Ratusan buruh jawa barat mendatangi Gedung Sate Bandung, Kamis pagi hingga siang, untuk mengawal pengesahan upah minimum Kabupaten Kota atau UMK. Menurut mereka, pengawalan dilakukan salah satunya menyikapi isu akan datangnya aksi tandingan dari para pengusaha korea, yang menolak penetapan UMK.

Para pekerja dari berbagai organisasi buruh sejawa barat ini,bertebaran di sekitar lapangan Gasibu dan depan Gedung Sate Bandung. Para buruh yang berdatangan sejak jam delapan pagi ini, berupaya mengawal pengesahan UMK 2020 oleh Gubernur Jawa Barat, agar sesuai dengan hasil rapat pleno dewan pengupahan. Mereka pun mempertanyakan Gubernur Jabar yang belum menetapkan UMK 2020, padahal di provinsi lain seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur, UMK 2020 sudah ditetapkan.

Menurut Roy Jinto, mereka tidak antiinvestasi. Namun, Roy menegaskan, dengan adanya investasi, kesejahteraan buruh pun meningkat ditandai dengan kenaikan upah. Para buruh pun mengancam, akan terus bertahan di depan Gedung Sate Bandung hingga pukul 24 Kamis malam. Roy Jinto pun menyatakan, pihaknya tidak bertanggung jawab jika terjadi situasi yang tidak kondusif jika Gubernur tidak menetapkan UMK yang sesuai dengan hasil rapat pleno dewan pengupahan.

Hanny Sandra, Budi Hartati, Bandung Tv.