Rawan Bencana, Masyarakat Dihimbau Waspada

10

Jajaran Kodim 0608, menggelar kegiatan mitigasi bencana bersama POLRI, BPBD dan Organisasi Kebencanaan lainnya. Kegiatan tersebut, bertujuan untuk mempersiapkan serta mengatisipasi banyaknya korban jiwa, pada saat terjadinya bencana di Cianjur.

Kabupaten Cianjur, tercatat sebagai salah satu wilayah rawan bencana di Indonesia. Potensi bencana seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir termasuk tsunami dan letusan gunung berapi mengancam setiap saat. Beberapa daerah rawan bencana, misalnya ada di wilayah selatan dan utara Cianjur, yakni seperti di Kecamatan Sindang Barang, Cidaun dan Agrabinta.

Dandim 0608 Cianjur, Letkol Infantri Rendra Dwi Ardhani mengimbau masyarakat senantiasa meningkatkan kewaspadaan, terhadap perubahan musim. Pasalnya di pergantian musim, rawan terjadinya bencana alam.

Menurutnya wilayah Kabupaten Cianjur rawan bencana, sehingga pemerintah dan msayarakat harus siap siaga setiap saat. Beragam pihak harus mendapat dan mengetahui mitigasi bencana, salah satu tujuannya yakni untuk meminimalisasi korban dan kerugian.

Letkol Infantri Rendra Dwi Ardhani pun meminta masyarakat mengurangi aktivitas di zonazona merah, untuk menghindari jatuhnya korban jika bencana terjadi. Menurutnya, menghadapi ancaman bencana bukan hanya tugas dinas terkait dalam hal ini BPBD, tetapi juga tanggung jawab semua pihak.

 

Heri Setiawan , Bandung Tv .,