Menikmati Rawon Berkuah Hitam Makanan Khas Jawa Timur

14
Menikmati Rawon Berkuah Hitam Makanan Khas Jawa Timur

Rawon merupakan masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam. Sebuah campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta). Daging untuk rawon umumnya meggunakan daging sapi yang dipotong kecil, utamanya adalah bagian daging sandung lamur.

Bumbunya sangat khas Indonesia, yakni campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, kemiri, serai, kunir, cabai, kluwek, garam, serta minyak nabati. Semua bahan ini dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu kemudian dicampurkan dengan kaldu dan rebusan daging . Warna hitam yang jadi ciri khas rawon berasal dari kluwek.

Di luar negeri, rawon disebut sebagai black soup.Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal. Rasa kuah yang agak manis akan membuat sup hitam ini menjadi lauk yang lezat. Aromanya sangat khas karena dibubuhi daging buah kluwek . Karena bumbu inilah, sup hitam ini menjadi gurih dan sedap.Agar rasa khas rawon tetap terjaga, harus dipilih kluwek kualitasnya terpilih. Sebab, ada kluwek yang memiliki rasa pahit , karena itu perlu ketelitian saat membelinya. Biasanya, kluwek dipecah cangkangnya dan dagingnya dicicipi dahulu.

Sejarah rawon ini belum jelas asal-usulnya,tapi banyak yang berspekulasi bahwa rawon merupakan makanan raja-raja pada zaman dulu yang berasal dari makanan rakyat . Makanan rakyat lebih mudah popular karena menjadi bagian dari banyak kalangan.Berkunjung ke Surabaya merupakan surganya warung rawon, di antaranya bernama Rawon Setan yang dijajakan di kawasan Jl. Embong Malang No. 78, Surabaya. Dijuluki Rawon Setan karena warung makan rawon ini hanya buka pada malam hari saja. Sehingga pemilik warung memberi nama Rawon Setan untuk rumah makan miliknya.

Selanjutnya Rawon Pak Pangat tdengan tiga varian menu yang bisa di pilih, mulai dari rawon suwir, rawon campur dan rawon krengsengan yang menjadi menu andalan. Dengan campuran rawon dan krengsengan, ditambah daging suwir yang menyerupai abon, menjadikan rawon krengsengan sebagai menu favorit . Jika anda mencari rawon paling enak di Surabaya, harus menjatuhkan pilihan ke Rawon Ibu Soepinah. Rumah makan yang sudah ada dari tahun 1966 ini menyediakan sajian rawon yang begitu lezat . Campuran rawon, nasi dan empal srundeng akan membuat anda ingin kembali lagi ke Surabaya.Kemudian Kedai Rawon Nguling , Kedai telah buka sejak tahun 1940-an dirintis oleh Mbah Karyoredjo.

Di sini Rawonnya disajikan dengan tauge segar, sehingga ketika dinikmati dengan daging dan kuah rawon ada sensasi krenyes-krenyes. Sama dengan kedai lainnya, di sini terdapat aneka menu pendamping seperti gorengan hingga telur asin. (E-001) ***