Kendaraan Listrik, Kapan Mulai?

14

SELAMA  decade 18 – 19, Indonesia mencoba merealisasi mimpi tumbuhnya industri kendaraan  bermotor dengan bahan bakar listrik. Semau kendaraan yang berlalu-lalang di Indonesia sudah menggunakan tenaga listrik.  BBM berbasis minyak fosil).  Dari kendaraan supermewah sampai kendaraan rakyat, tidak lagi menggunakan BBM.

    Mimpi itu mundul ketika Indonesia mengalami krisis minyak. Karena sumber minyak semakin  menyusut, Indonesia selalu dibebani masalah BBM. Indonesia sebagai pengekspor minyak mentah sangat potensial, kini berubah menjadi penmgimpor minya, Maklin berkembangnya sarana tran sportasi public, pemerintahmengalami kesulitan dalam menentukan  klebijakan perminyakan. Krisis BBM dipastikan memiliki dam[pak sangat luas. Bukan hanya menyangkut masalah transpoertasi tetapi sungguh sanga luas, memasuki ruang-ruang kehidupan, baik ekonomi maupun sosial.

     Secara teknis industr dan distribusi serta pemasaan ke ndaraan listrik, punya prospek sangat cerah. Meskipun cadanfan minya dunia tidak terlalu mengkhawatirkan, persiapan mermasuki era=mobil lisdtrik haruis segera terwujud. Masalahnya, tumbuhnya industru kendaraan listrik berdampak sangat luas. Masalah yang dihadapi Indonesia kelak, tidak sesederhana yang kita perkirakan.  Perubahan dari era BBM ke era  listrik, merupakan perubahan revolusioner. Industri otomotif berbasis BBM sekarang segang tumbuh-tumbuhnya. Indonesa sudah mendaopatkan lisensi berbagai merek kendaraan. Dampaknya, inmdustri otomotif tumbuh pesat.

    Indonesia susdah dapat berjualan mpbnil di pasar global. Indonesia mengekspor berbagai merek, dan oyomotif. Perubahan dari industr otomotif berbasis BBM ke basis listrik, dikhaweatirklan industri otomotif yang tengah bergairah itu akan terdampak. Hal itu juga berpengaruh terhadap jumlah tenaga kerja. Tenaga kerhja terus bertambah dari weaktu ke waktu, lapangan kerja berkurang.

    Pertanyaannya, beranikah kita masuk ke ranah revolisi industr  Secara setrempak, industry otomotif berbasis BBM akan berubah menjadfi industry otomotif berbasis listrik. Peribahan yang revolusioner, bagaimana pun akan menimbulkan guncangan. Akan tetapi revolusi otomotof itu banyak juga keuntungannya. Para pelaku industry otomotif konvensioanl harus segera melakukan petrsiapan ke arah perubahan dahsyat itu.

     Pemerintah harus sejak dini melakukan sosialisasi  perubahan itu. Pemerintah juga harus sejak sekarang melakukan prtemuan-pertemuan baik dengan para pelaku industri. maupun dengan pelaku  industri mobil listrik.  Alangkah baiknya pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perindustrian, Perdagangan, Tenaga Kefrja, dan Perdagangan, melalukan pertemuan. Semua pemangku kepentingan, beretmu membicarakan industry mobil listrik dengan segala dampaknya. Pertemuan itu juga membicarakan pemetaan untuk menentukan titik-titik gardu  pengisian/charging tenaga listrik bagi kendaraan listrik. ***