Touring Forwot Ke-17 Tempuh Perjalanan Jakarta-Bogor

6
Touring Forwot Ke-17 Tempuh Perjalanan Jakarta-Bogor

90 jurnalis dari berbagai media massa nasional turut memeriahkan touring ke-17 Forum Wartawan Otomotif (Forwot) akhir pekan lalu (23-24/11) dengan rute Jakarta-Bogor.

Penyelenggaraannya juga unik, karena diiisi beberapa aktivitas. Mulai dari test ride motor baru, hingga berbagi pesan tentang keselamatan berkendara.

Antusiasme positif mewarnai kegiatan ini. Sejak pendaftaran dibuka, peserta yang merupakan jurnalis, cukup membludak. Menariknya, pihak panitia kali ini menyediakan beberapa motor baru dipakai untuk touring . Mulai dari Honda CRF250 Rally, Honda CRF150L, Honda PCX, Honda Forza, Peugeot Metropolis, Peugeot Django, Peugeot Speedfight, Kymco Xciting 400i, Kymco Downtown 250i, Kymco KXCT 200i, Kymco Like 150i dan Kymco Racing King 150. Ada pula lini dari Kawasaki , yakni KLX 230, W175 dan Versys 250.

Motor-motor dijajal kemampuannya dari titik kumpul di bilangan Jakarta Selatan menuju Bogor, tepatnya ke Hotel New Pramesthi. Jarak test ride motor memang tak terlalu jauh, berkisar 60 km.

Tapi, sudah lebih cukup untuk mengetahui kemampuan masing-masing motor. Apalagi rute yang dilalui cukup beragam. Belum lagi menungganginya di jalur variatif, termasuk dalam kemacetan.

Tiba di lokasi finis dan beristirahat, rombongan mendapatkan beberapa materi dari pihak sponsor. Inilah kenapa selalu ada kata “Bro Ringo” yang merupakan singkatan dari Obrolan Ringan Seputar Otomotif.

Dalam kegiatan itu terdapat pemaparan pihak Pertamina Lubricants, terkait pengetahuan oli mesin. Lalu ada pula penjelasan dari PT Dyandra Promosindo soal ajang IIMS Motobike 2019. Salah satunya informasi mengenai peserta baru di pameran itu.

“Touring ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun oleh FORWOT. Selain mempererat silaturahmi antar wartawan otomotif, kami berharap kegiatan positif ini juga bisa menambah pengetahuan tentang pelumas kendaraan dan pameran otomotif IIMS Motobike Expo 2019,” kata Ketua Acara Touring Forwot Bro Ringo 2019, Reza Agis Surya Putra.

Usai acara diskusi, kegiatan touring Forwot Bro Ringo 2019 dilanjutkan dengan agenda pembagian 30 helm kepada komunitas sepeda motor.

Uniknya, setiap helm yang diberikan, masing-masing bertuliskan di antaranya , “Mau Selamat di Jalan Raya  Harus Tertib Dong”, “Gak Usah Lawan Arus. Itu Bahaya buat Kamu dan Orang Lain”, “Di Warung Kopi Aja Main HP. Jangan Sambil Naik Motor”. Hal ini dilakukan untuk menyongsong dekade keselamatan berlalulintas pada 2020.

Serupa dengan pelaksanaan touring Forwot  tahun-tahun sebelumnya, lanjut Reza , kali ini kami tetap mengedepankan misi soal keselamatan jalan. Kami ingin menularkan virus keselamatan dengan membagikan helm standar SNI kepada puluhan anggota komunitas roda-dua di wilayah Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta, Bogor dan Depok .

“Semoga hal ini bisa meningkatkan kesadaran kepada para anggota komunitas khususnya, serta masyarakat untuk selalu sadar pentingnya menggunakan helm saat berkendara dan mematuhi rambu dan peraturan di jalan raya,” tambah Zainal Abidin, Wakil Ketua Umum Forwot. (E-002/BBS)***