POSPENAS, Sarana Pencetakan Atlet Dari Kalangan Santri

8

Menteri Agama Republik Indonesia–Fachrul Razi Membuka POSPENAS 2019 Jawa Barat, di Sport Jabar Arcamanik Bandung. Sedikitnya, 3000 santri akan berpartisipasi dalam ajang pekan olah raga dan seni, untuk santri tersebut.

Didampingi Wakil Gubenur Jawa Barat–Uu Ruzhanul Ulum, Menteri Agama Republik Indonesia–Fachrul Razi, membuka pekan olah raga dan seni untuk santri–Pospenas 2019 Jabar, di Sport Jabar Arcamanik Bandung. Dalam pospenas tersebut, 3000 lebih santri, akan berlaga selama 5 hari dari 25 hingga 30 November 2019.

Event olah raga dan seni tiga tahunan tersebut, merupakan kerjasama antara Kementrian Agama, Kementrian Pemuda dan Olah Raga, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendidikan, dan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Tahun ini, merupakan gelaran yang ke delapan yang akan diikuti oleh 1.241 Atlit, 589 Seniman, 960 Official, dan Pendamping 34 Provinsi.

Fachrul Razi Menuturkan, santri – santri sangatlah isitimewa, karena memiliki tiga kelebihan yakni, Sehat, Cerdas, dan Amanah. Bahkan pondok pesantren saat ini, tidak lagi hanya diisi oleh pendidikan Non Fromal, melainkan Formal Pun mengikuti kurikulum, dan dinilai lebih baik dibandingkan dengan pendidikan  formal.

Sementara itu, Kemenpora Republik Indonesia berharap dengan event pospenas tersebut, dapat menjaring calon- calon atlet profesional yang berasal dari kalangan santri.

Cabang yang dilombakan dalam Pospenas 2019, yakni Atletik, Bola Voli, Futsal, Senam Santri, dan Permainan Adat. Selain itu, terdapat cabang Kaligrafi, Pidato Tiga Bahasa, Seni Lukis, Seni Kriya, Hadrah, Puisi dan Stand Up Commedy.

Yuwana Kurniawan, Bandung Tv.,