Musim Hujan, Waspada Pergerakan Tanah Di Daerah Tinggi Dan Terjal

8

Kepala Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi menyatakan, pergerakan tanah atau longsor menjadi salah satu bencana yang perlu diwaspadai saat musim hujan. Daerah jabar bagian tengah hingga selatan yang menjadi titik kewaspadaan pihaknya, karena curah hujan yang tinggi, banyaknya gunung, suburnya tanah, dan banyaknya pemukiman di wilayah tersebut.

Kepala Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi, Kasbani menyatakan, menghadapi musim hujan di jawa barat, masyarakat perlu mewaspadai bencana akibat pergerakan tanah atau longsor. Kewaspadaan terutama perlu ditingkatkan di daerah yang tinggi dan terjal, seperti di jabar bagian tengah hingga selatan, diantaranya di daerah Sukabumi, Bandung, Garut, Hingga Bogor. Karenanya, pihaknya mendorong pemerintah daerah memulai pengaturan drainasi di kawasan rawan bencana tersebut.

Tidak hanya pihaknya yang terus berupaya melakukan upaya mitigasi, masyarakat pun harus tahu potensi bencana di daerahnya. dengan begitu, tidak ada korban jiwa yang jatuh jika bencana terjadi.

Budi Hartati, Bandung Tv.