SIDAK Ke Pasar KIRCON, Kemendag Temukan Penjualan Gula Diatas HET

4

Kementerian perdagangan republik indonesia bersama Dinas Perdagangan Jawa Barat, SIDAK ke pasar tradisional Kiaracondong Bandung. Dalam SIDAK tersebut, pihak kemendag menemukan penjualan gula pasir diatas harga eceran tertinggi atau HET. Mengatasinya, pihak bulog pun akan memasok gula pasir di bawah harga eceran tertinggi ke pedagang.

Sidak Dilakukan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Bersama Dinas Perdagangan Jabar, ke pasar tradisional Kiaracondong Bandung. Berbagai jenis Komoditas Disidak, diantaranya beras, daging sapi, daging ayam, telur ayam, gula putih, minyak goreng, hingga sayuran seperti cabai dan bawang merah serta bawang putih.

Saat sidak tersebut, Pihak Kementerian Perdagangan Republik Indonesia menemukan penjualan gula putih atau gula pasir yang diatas harga eceran tertinggi atau HET. Di salah satu pedagang, gula pasir dijual seharga 13.000/Kg, padahal harga eceran tertingginya hanya 12.000/Kg. Sekjen Kemendag RI, Oke Nurwan Menduga, hal tersebut akibat pola sistem jual beli antara pedagang dan pemasok. pedagang dan pemasok menggunakan sistem konsinyasi sehingga terpaksa menjual gula dengan harga diatas HET. Menyikapinya, pihak bulog jabar akan memasok gula pasir ke pedagang dengan harga 11.000, Dengan catatan pedagang harus menjual di bawah atau tepat pada harga 12./Kg.

Sidak Dilakukan Kementerian Perdagangan Bersama Dinas Perdagangan, agar harga sembako tidak melonjak saat menjelang hari natal dan tahun baru, dengan pasokan yang dipastikan cukup atau aman. pihak kemendag pun akan mengunjungi distributor komoditas yang harganya diatas eceran tertinggi, seperti gula pasir dan telur ayam, agar harga bisa dikendalikan.

Budi Hartati, Bandung Tv.