Panorama Laut Di Atas Awan Pantai Cijayana Garsel

52

Jarak Pantai Cijayana dari pusat kota Garut kurang lebih sekitar 87 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekira 4 jam . Wisatawan yang akan berkunjung ke Pantai Cijayana dengan kendaraan umum bisa menggunakan Elf jurusan Garut – Bungbulang atau Bandung – Bungbulang, dilanjutkan dengan kendaraan ojeg sampai ke lokasi kira-kira sejauh 16 km. Pantai Cijayana merupakan salah satu lokasi pantai  di Garut Selatan yang  menarik untuk dikunjungi, selain Pantai Santolo, Pantai Rancabuaya, Pantai Cijeruk dan pantai  lainnya. Pantai ini berada di Desa Cijayana, Kecamatan Bungbulang, Garut Selatan (Garsel).

Keindahan pantai yang dijuluki laut di atas awan ini terlihat dari berbagai sisi, mulai dari  karang yang terukir sempurna dan pasir coklat serta lengkungan garis pantai yang menawan.Wisatawan yang berkunjung juga akan disuguhi pemandangan hijau dari bukit-bukit sekitar pantai dan birunya air laut dengan deburan ombaknya yang tinggi. Karena tingginya ombak ini pula yang menjadikan pantai ini dijuluki laut di atas awan, sedikit aneh, namun nyatanya gulungan ombak disini sangat tinggi, terkadang di atas kita. Semilir angin dari bukit-bukit hijau yang mengelilingi pantai juga tak luput dari bagian keindahan pantai ini.

Pantai Cijayana yang banyak dikunjungi orang adalah wilayah pantai di mana Sungai Cikandang bermuara. Di dalam muara ini biasanya ikan-ikan berkumpul dan menjadi tempat favorit bagi para pemancing.Di muara ini pula pada bulan-bulan tertentu ikan-ikan kecil bermigrasi dari laut, pada saat itulah pantai ini dijadikan tempat melakukan tradisi Nyalawe oleh masyarakat setempat. Tradisi Nyalawe andalah tradisi menangkap impun atau ikan-ikan kecil yang bermigrasi ke muara sungai.Tradisi ini merupakan tradisi yang ada setiap tahun, masyarakat sekitar dan ada juga yang datang dari luar daerah untuk turut serta meramaikan tradisi Nyalawe ini. Jika kebetulan impun berjibun, pantai Cijayana bak pasar malam yang penuh sesak oleh manusia.

Tidak sah rasanya pergi ke pantai tanpa bermain air, di pantai ini jika laut sedang surut  pemandangan karang menjadi perhiasan yang memukau.Pengunjung dapat bermain air di pantai ini dan menjelajahi biota bawah laut yang dangkal. Aktivitas berendam maupun berenang bisa anda lakukan dengan tetap waspada  datangnya air pasang dan gulungan ombak besar.Jika sore telah tiba dan suasana temaram langit senja membuat anda enggan pulang, cobalah untuk bermalam di bawah taburan bintang dengan mendirikan tenda.Camping menjadi pilihan terbaik jika anda  memiliki banyak waktu untuk mencari kedamaian.

Kawasan ini masih alami belum ada fasilitas umum yang dibangun, sehingga kebersihan dan keindahan di sekitar kawasan ini masih terjaga dan belum tereksploitasi secara besar-besaran. Suasananya tenang sehingga wisatawan dapat menikmati keindahan alam dengan puas dan nyaman. Fasilitas penunjang wisata di pemukiman penduduk terdekat terdapat warung-warung di depan pintu masuk kawasan pantai. (E-001) ***