Pesona Alam Waduk Jatigede Memancing Ikan Monster Berbobot 25 Kilogram

1820

Waduk Jatigede di wilayah Kabupaten Sumedang merupakan salah satu waduk yang ada di Jawa Barat. Keberadaannya memiliki fungsi yang penting bagi lahan pertanian di kawasan Kabupaten Sumedang dan sekitarnya.Sejak berfungsi optimal beberapa tahun lalu,keberadaan waduk memberikan manfaat  bagi masyarakat sekitarnya . Selain fungsi utama sumber air untuk pertanian, potensi lain yang saat ini dirasakan dampaknya secara langsung oleh masyarakat, yaitu sebagai destinasi wisata.Masyarakat sekitar kawasan waduk merasakan dampak langsung secara ekonomi melalui pendapatannya.Sedangkan bagi para pelancong dari luar daerah,  pesona alam Waduk Jatigede membuat destinasi ini selalu ramai setiap akhir pekan serta masa liburan sekolah.

Selain pesona wisata alam,ada salah satu aktivitas favorit di kawasan Waduk Jatigede yakni memancing.Para pemancing yang datang dari berbagai daerah, seperti Garut,Tasikmalaya,Bandung serta kota lainnya di Jawa Barat.Menurut beberapa pemancing yang ditemui Mandalawangi menyebut , waduk Jatigede memiliki potensi ikan monster cukup banyak. Ikan yang memiliki bobot lebih dari 5 kilogram merupakan  ikan khas Jawa Barat, seperti ikan mujair,ikan mas,patin,grasskap dan lele.

Untuk mencapai kawasan Waduk Jatigede bisa dari berbagai arah,pertama melalui jalur jalan dari pusat kota Sumedang, juga bisa melalui jalur Garut lewat jalur Selaawi atau Malangbong. Jalur jalan menuju lokasi sudah cukup bagus,jalanan bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.Sesampainya di Waduk Jatigede banyak  pilihan spot memancing, bisa menyewa lapak yang telah disediakan oleh masyarakat setempat atau kita mencari sendiri  sesuai keinginan kita. Umpan yang biasanya digunakan berupa jangkrik, cacing tanah,lumut atau kepiting.Sedangkan umpan racikan yang dibuat para pemancing.

Berbeda dengan mancing di kolam,memancing di alam bebas lebih bervariasi dalam penggunaan umpan serta jenis pancing yang digunakan.Untuk kawasan Jatigede kita harus menyiapkan pancing yang bisa menarik beban ikan berbobot lebih dari 5 kilogram. Para pemancing tidak membutuhkan waktu lama , begitu umpan dilempar , dalam hitungan menit umpan langsung di sambar ikan yang masuk  waduk berasal dari aliran sungai Cimanuk dan Cisanggarung. Rata – rata ikan monster yang berhasil dipancing menyukai umpan dari alam, seperti jangkrik dan cacing tanah. Oman , salah serorang  pemancing asal Selaawi mengaku,dirinya rutin seminggu sekali memancing di kawasan jatigede.

Dalam setiap kegiatan memancing, ia berangkat bersama kawan – kawannya,bahkan beberapa minggu lalu  , ia  berhasil membawa ikan patin seberat 25 kilogram.Biasanya ikan hasil memanpancing dibawa pulang, selain itu saat berada di lokasi peamncingan, mereka biasa memasak nasi liwet dengan lauk ikan bakar hasil pancingan . ”Suasana makan bersama  dengan kawan – kawan merupakan obat pelepas stress ,” ujar Oman . (E-001) ***