Imigrasi Kelas 1 TPI Bandung Gagalkan Penyelundupan Manusia

9

Seorang pelaku warga negara asing asal Tiongkok dan Pelaku, Warga Negara Indonesia, ditangkap oleh tim Pengawasan Orang Asing, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung. Kedua pelaku tersebut, diduga  akan menyelundupkan dua wanita Asal Cimahi ke Negara Tiongkok, dengan modus pernikahan.

Kedua Pelaku Yakni Berinisial JIN Berwarganegara Tiongkok, dan Erlin Asal Warga Negara Indonesia.

Dalam menjalankan aksi kejahatannya, para pelaku tersebut menggunakan modus dengan pernikahan. Pelaku pria berperan membawa calon pengantin pria Asal Tiongkok, untuk dinikahkan dengan calon pengantin perempuan yang dicari oleh pelaku Erlin.

Dengan diiming-iming mahar jutaan rupiah, dan dijanjikan kehidupan yang lebih baik di Negara Tiongkok, para korban pun tergiur. Beruntung, dua korban yang merupakan wanita asal cimahi, berhasil digagalkan oleh tim pengawas imigrasi bandung.

Untuk mempertanggung jawabkan segala perbuatannya, kedua pelaku dikenakan Pasal 120 Ayat 1, Undang Undang No 6 Tahun 2011, Tentang Keimigrasian Dengan  Dugaan Modus Pengantin Pesanan, Yang Terancam Hukuman Minimal 5 Tahun Penjara dan Maksimal 15 Tahun Penjara.

 Algi Muhamad Gifari, Bandung Tv