Kolam Retensi Cieunteung Dipenuhi Sampah

17

Memasuki penghujan, Kolam Retensi Cieunteung, di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, dipenuhi tumpukkan sampah yang menutup aliran yang menuju kolam retensi. Tumpukkan sampah pun menyebabkan bau tidak sedap, dan kerap menjadi penyebab banjir di Wilayah Baleendah.

Kondisi Kolam Retensi Cieunteung, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Memasuki musim penghujan, kondisinya sangat memprihatinkan, bahkan sebagian sampah menutup aliran kolam retensi. Dikolam retensi tersebut, tampak tumpukkan sampah tebal di sepanjang pinggir kolam. Sampah tersebut didominasi sampah rumah tangga, yang dibuang ke saluran air yang menuju kolam retensi, karena kurangnya kesadaran masyarakat.

Menurut pengakuan sejumlah warga, kondisi kolam retensi tersebut kurang terawat. Selain menyebabkan bau yang tidak sedap, Sampah dikolam retensi pun kerap menjadi penyebab banjir, kawasan baleendah apabila musim hujan mengguyur.

Camat Baleendah   Meman Nurjaman menghimbau kepada warga, agar tidak membuang sampah sembarangan. Apabila kebiasaan tersebut terus terjadi, air yang menuju kolam retensi tertutup sampah, dan akan menyebabkan banjir.

Rezytia Prasaja, Bandung Tv