Perhutani Menjual Keindahan Bukit Panenjoan Jatigede

568

WADUK Jatigede dibangun dengan membendung aliran Sungai Cimanuk yang ada di wilayah Kecamatan Jatigede Sumedang, bisa menampung air sekitari 979,5 juta meter kubik . Waduk Jatigede merupakan yang  terbesar kedua di Indonesia.Waduk ini memiliki luas 3035,34 hektare  dapat mengairi lahan seluas 90 ribu hektar di 24 kecamatan di Indramayu, Majalengka dan Cirebon. Pembangunan waduk tersebut sudah lama direncanakan sejak zaman Belanda dan waduk ini  dibangun mulai tahun 2008  saat Presiden SBY , selesai dibangun dan diresmikan di tahun oleh Presiden Jokowi. Untuk memanfaatkan potensi lain dari bendungan, Perum Perhutani Sumedang membangun beberapa lokasi wisata yang ada di kawasan sekitar  Waduk Jatigede yang bisa dinikmati keindahannya oleh masyarakat.

Salah satunya Bukit Panenjoan, tempat wisata yang berada di bagian timur Waduk Jatigede wilayah Kampung Burujul,Desa Jemah, Kecamatan Jatigede. Sebagaimana wisata lainnya yang berada di seputaran Waduk Jatigede, Bukit Panenjoan menampilkan keindahan pemandangan kawasan Waduk Jatigede. Bukit Penenjoan Jatigede  berada di atas ketinggian perbukitan  tidak terlalu jauh dari pesisir Waduk Jatigede. Dari kawasan ini, pengunjung bisa melihat langsung pemandangan Waduk Jatigede dengan jangkauan yang cukup luas. Pemandangan terhadap bentang Waduk Jatigede tidak terhalang oleh bangunan atau pepohonan. Deretan beberapa pulau yang muncul ke permukaan bendungan Jatigede terlihat jelas dari lokasi ini, seperti Gunung Surian. Bahkan jika  cuaca sedang cerah, pengunjung bisa melihat pemandangan di seberang Waduk Jatigede  kawasan Puncak Damar dan Kampung Cisema.

Untuk bisa memasuki lokasi wisata Bukit Panenjoan , pengunjung  dikenakan tarif sebesar Rp 2.000. Akses menuju lokasi ini bisa menggunakan jalur lingkar timur Jatigede dari arah utara karena pembangunan jalan tersebut belum selesai. Jalur terdekat adalah lewat pusat pemerintahan Kecamatan Jatigede ke arah selatan menuju wilayah Desa Cipicung Jatigede. Pertigaan dekat kantor Desa Cipicung mengambil jalan proyek lingkar timur Jatigede ke arah Desa Jemah.Kondisi jalan sudah cukup bagus bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun empat.Banyak spot cantik di kawasan Panenjoan yang menjadi favorit para pelancong,yaitu Gazebo serta spot tulisan Panenjoan.Pihak pengelola yang kami temui mengatakan kedepan akan ada penambahan fasilitas, sehingga tempat ini bisa menjadi kawasan favorit pelancong waktunya.

Sebagai bentuk menggiatkan pariwisata beberapa waktu lalu di gelar Festival Pesona Jatigede. Kegiatan ini merupakan event kepariwisataan, menampilkan  daya tarik wisata  budaya, wisata berpetualang, wisata religi, wisata olahraga, wisata pertanian, wisata komersial, wisata kuliner dan lainnya. Digelarnya kegiatan ini merupakan perwujudan komitmen pemerintah serta segenap pemangku kepentingan pariwisata dan budaya, untuk menjadikan kawasan wisata Jatigede sebagai salah satu kawasan wisata unggulan di Kabupaten Sumedang . Langkah pemerintah ini dilakukan dalam upaya menggerakan sendi-sendi sosial, ekonomi  dan budaya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (E-001) ***