Situs Gunung Padang Disiapkan Menjadi Destinasi Wisata Dunia

118

BISNIS BANDUNG – Pemdaprov Jabar tahun ini telah menggelontorkan anggaran  pembebasan 11 hektare lahan di Situs Gunung Padang sebagai langkah mewujudkan destinasi wisata unggulan.

“Kami  meminta kepada stakeholder terkait segera mempersiapkan  detail engineering design (DED). Kalau bisa jangan setengah-setengah  membuat detail bangunan sipilnya, kita siapkan dananya,”  tutur Wakil Ketua DPRD Jabar, Ade Barkah Surachman kepada wartawan di sela agenda Citra Bakti DPRD Jabar 2019 di Cianjur, Kamis (12/12/2019).

DPRD Jabar, katanya siap mendukung, pembangunan Situs Megalitikum Gunung Padang Kabupaten Cianjur menjadi salah satu destinasi unggulan di Jawa Barat. Di samping itu siap menggelontorkan anggaran untuk mendongkrak potensi Situs Gunung Padang menjadi destinasi wisata bertaraf internasional.

“Seluruh fraksi di DPRD Provinsi Jawa Barat yang hadir saat ini, sepakat bahwa Situs Gunung Padang ini harus terus dibangun dengan maksimal tanpa harus menghitung peraturan-peraturan yang tumpang tindih,” ucap Ade.

Ia merespons  adanya peraturan tumpang tindih yang menurut informasi  didapatinya bahwa saat ini terdapat aturan yang mengharuskan pembangunan Situs Gunung Padang berada di pemerintah pusat, dan ada pula peraturan yang merupakan wewenang kabupaten.

“Kita membuat terobosan bahwa provinsi menyanggupi untuk membangun sampai mana.Tadi ada  tantangan dari kawan kita kepada Pemerintah Cianjur butuh berapa dana untuk membuat Situs Gunung Padang ini menjadi ramai, ” katanya.

Ia menambahkan, ke depan Situs Megalitikum Gunung Padang akan menjadi destinasi unggulan karena didukung dengan insfrastrukur dan aksesibilitas yang mumpuni.

“Nanti kan ada akses tol Sukabumi – Bandung, kemudian kereta Sukabumi – Cianjur – Bandung, Jalur Puncak 2 yang akan mendukung aksesbilitas pariwasata di Cianjur akan semakin ramai”ujarnya.

Ia pun optimis, setelah Situs Gunung Padang menjadi destinasi unggulan akan mengangkat wisata-wisata penunjang lainnya. (B-002)***