Jabar Terus Berupaya Selamatkan Lahan Kritis

11

BISNIS BANDUNG – Pemdaprov Jabar tetap fokus melakukan berbagai upaya dalam konservasi atau penyelamatan lahan kritis di antaranya dengan penanaman  pohon dan mengkapanyeukan semangat menanam pohon.

“Beberapa waktu lalu kita melakukan penanaman 17.150 pohon di kawasan Bandung Utara dalam Gerakan Nasional Menanam Pohon. Dan mulai tahun 2020 nanti secara masif kita berencana untuk mulai menanam 25 juta pohon di seluruh lahan kritis di Jawa Barat, ” tutur  Pj Sekda Jabar Daud Ahmad ketika secara resmi menutup Sekolah Kader Konservasi Masigit Kareumbi 2019 di Base Camp Taman Buru Masigit Kareumbi, Cicalengka Kabupaten Bandung, Minggu (15/11/2019).

Kegiatan Sekolah Kader Konservasi diikuti 150 peserta dari Jawa Barat dan 7 Provinsi luar Jawa Barat. Sekolah Kader Konservasi berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 13 hingga 15 Desember 2019.

Daud menambahkan, Pemdaprov Jabar tidak bisa sendiri dalam melakukan pelestarian alam, tetapi membutuhkan partisipasi seluruh elemen masyarakat agar upaya pelestarian itu bisa berhasil.

Oleh karena itu, ia  mengapresiasi kegiatan sekolah kader konservasi yang diinisiasi Wanadri dalam rangka  melahirkan para kader yang siap mengimplementasikan ilmunya di daerah masing-masing.

Menurut Daud, dengan kerjasama antara pemerintah dan para penggiat lingkungan, maka pelestarian alam bisa diwariskan untuk kehidupan generasi selanjutnya. Kolaborasi itu harus terwujud dengan baik  untuk generasi saat ini dan anak cucu kelak. (B-002)***