Puncak Puspa Ciamis Dikelola Masyarakat Dan Perhutani 

287

Perjalanan mengunjungi destinasi wisata alam selalu menyenangkan, alam pegunungan, pantai, air terjun atau destinasi wisata alam lainnya.

Ada nuansa berbeda yang didapattkan ketika kita berada di alam dengan pemandangan  alami serta hembusan semilir angin. Wilayah Jawa Barat memiliki destinasi wisata alam cukup beragam,destinasi wisata alam ini sebagian besar telah dikelola dengan cukup baik,namun ada juga beberapa di antaranya yang masih menunggu untuk dikembanngkan lebih baik penataannya . Di antaranya  destinasi wisata alam di Kabupaten Ciamis.

Tempat yang Mandalawangi kunjungi adalah Puncak Puspa  di wilayah Dusun Pasir Eurih  , Desa Medanglayang Kecamatan Panumbangan. Kawasan Puncak Puspa Gunung Syawal. Menurut pihak pengelola yang kami temui,  pemerintah Kabupaten Ciamis bersama pihak Perhutani membuka beberapa destinasi wisata alam untuk dikembangkan.Daya tarik utama Puncak Puspa memiliki pemandangan alami khas pegunungan. Destinasi wisata ini mampu menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Dari Puncak Puspa, pengunjung bisa melihat pemandangan ke arah Kota Tasikmalaya. Jika dilihat pada malam hari, keindahan Kota Tasikmalaya sangat luar biasa , semarak dengan kerlap-kerlip sinar aneka lampu.

Untuk mencapai Puncak Puspa,para pelancong harus berjalan kaki sekitar 1,5 kilometer dari tempat parkir kendaraan.Pengelolaan kawasan dilakukan oleh masyarakat setempat  bekerjasama dengan Perhutani. Setiap pelancong  dikenakan tiket masuk Rp 5.000.Perjalanan sejauh 1,5 kilometer tidak akan terasa lelah karena sepanjang perjalanan pelancong disuguhi kerimbunan pohon pinus serta pohon kopi.Untuk menjawab kenapa tempat ini dinamakan Puncak Puspa ,karena banyak tumbuh pohon janis puspa di kawasan ini yang jadi ikon kawasan ini. Para pelancong sangat menyukai topografi kawasan Puncak Puspa,apalagi bagi yang senang dengan petualangan di alam terbuka. Banyak pelancong yang bermalam dengan mendirikan tenda di Puncak Puspa.

Dengan banyaknya para pelancong yang mendirikan tenda, pihak pengelola menyediakan sewaan alat -alat kemping  dengan harga sewa harga cukup terjangkau. Alasan penyediaan alat kemping ini karena banyak para pelancong yang datang tergiur untuk berkemping, padahal rencana awalnya mereka tidak akan menginap. Aksebilitas menuju lokasi dari pusat Kota Ciamis cukup mudah,bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun empat.Jalanan agak menanjak hanya sekitar  1,5 kilometer saja dari tempat parkir kendaraan menuju puncak. (E-001) ***