Wana Wisata Mandiri Sayang Kaak Melihat Keindahan Liukan Aliran Sungai Citanduy

65

Petualangan Mandalawangi di wilayah Kab.Ciamis, terakhir mengunjungi destinasi wisata alam Wana Wisata Mandiri Sayang Kaak di Dusun Cikatomas, Desa Handapherang, Kecamatan Ciamis. Jarak  pusat Kota Ciamis hanya sekira 6 km menuju arah Handapherang ke arah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah . Jangan khawatir tersesat karena ada papan petunjuk menuju ke lokasi. Keberadaan Wana Wisata Mandiri Sayang Kaak ini  semakin banyak pilihan tempat wisata bagi mereka yang ingin piknik ke Ciamis. Wana Wisata Mandiri Sayang Kaak , sejauh ini menjadi tumpuan perekonomian warga Handapherang, Ciamis. Sejak dibuka pada tahun 2017 lalu, wana wisata ini mampu menyedot pengunjung, selain dari  Ciamis,  juga dari dari daerah lain.

Tempat wisata ini kini dikelola oleh BUMDES Hanjuang Handapherang. Rencananya, wana wisata ini akan terus berbenah dan  berinovasi gunak menarik  banyak pengunjung. Tarif masuk ke wana wisata Rp 5.000 . Disini Anda bisa mengeksplorasi wana wisata karena banyak titik spot foto yang tersedia . Seperti  wahana  tempat berfoto selfie , sarang burung, tempat nongkrong di pinggir tebing dengan hiasan bunga matahari dan payung geulis sebagai ciri khas daerah, semuanya bisa dinikmati  tanpa mengeluarkan biaya tambahan . Meskipun sudah dibuatkan jalan khusus yang terbuat dari kayu. Kita harus tetap menjaga keseimbangan, termasuk ketika hendak mengambil foto,pastikan kita tidak mengambil pose yang beresiko.Tidak hanya spot foto itu saja, dari atas ketinggian  akan terlihat hamparan hijau yang luas serta aliran air sungai Citanduy yang indah yang bisamembuat hati  sejuk melihatnya.

Melihat sungai Citanduy yang berkelok, menambah obyek ini memiliki pemandangan alam yang indah. Pemandangan alam terlihat begitu indah dengan latar belakang sungai yang berkelok, sawah yang hijau serta hijaunya pepohonan di tepi sungai.Kawasan wisata mulai dibuka bagi pelancong pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 setiap harinya. Tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi wisatawan pada hari libur atau hari minggu dengan jam kunjungan dengan tertinggi padai pukul 10.00 sampai  pukul 15.00. Fasilitas penunjang wisata standar seperti area parkir yang luas, mushola, kamar mandi, toilet, area kuliner dan area spot foto selfie instagramable semuanya ada disini. Selain itu juga tersedia fasilitas permainan untuk outbond anak-anak maupun orang dewasa.Menikmati keindahan alam hijau dan aliran sungai Citanduy dari atas ketinggian merupakan pilihan menarik untuk menghabiskan akhir pekan atau hari libur pendek  tatar Galuh Ciamis Jawa Barat. (E-001) ***