Tol Lintas Selatan Yogyakarta-Garut Segera Dibangun

901

BISNIS BANDUNG – Pembangunan infrastruktur  tol lintas selatan Jawa akan membawa dampak yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di wilayah Jabar selatan karena akan semakin mempermudah pergerakan orang dan barang.

DPRD Jabar sangat mendukung  rencana pemerintah membangun jalan tol lintas Selatan Jawa tersambung dari Yogyakarta hingga Garut. Rencana ini telah disampaikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

 “Ini menujukkan komitmen yang jelas dan real pemerintah untuk membangun secara adil dan merata,” ujar Wakil Ketua DPRD Jabar, Oleh Soleh kepada wartawan Selasa (17/12/19).

Wilayah Jabar Selatan, katanya selama ini pertumbuhan ekonomi masyarakatnya terbilang lambat karena lambatnya pembangunan infrastruktur jalan, tidak secepat pertumbuhan ekonomi Jabar utara dan tengah.

Padahal,  Jabar Selatan kaya akan potensi ekonomi terutama dari sektor pertanian dan pariwisata. Kedua sektor ini menjadi salah satu fokus Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat untuk terus dikembangkan.

Dewasa ini pemerintah provinsi dan kabupaten dengan dukungan pusat mengembangkan daerah wisata Pantai Pangandaran yang semakin tertata rapi demi kenyamanan wisatawan. Hal  tersebut bisa berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

“Seiring dengan pembangunan infrastruktur jalan tol lintas selatan Jawa, tentu daerah wisata lain seperti pantai Garut dan Tasikmalaya terdorong pula untuk dikembangkan seperti halnya Pangandaran,” kata Oleh Soleh.

Dikatakan, Pemdaprov Jabar harus peka  atas  rencana pemerintah pusat dalam membangun ruas tol selatan Jawa ini. Lembaga legislatif akan mendukung penuh respons dari pemerintah provinsi sepanjang rencana pembangunannya memprioritaskan kepentingan ekonomi rakyat.

Menurut  Direktur Jenderal Bina Marga Kemen-PUPR, Sugiyartanto setelah tol Trans Jawa di utara Jawa sudah tersambung dari Merak hingga Probolinggo, ke depannya  akan dibangun jalan tol di lintas selatan Jawa yang membentang dari bagian selatan Jawa Barat hingga Yogyakarta.

“Nanti suatu saat lintas selatan tol ini akan nyambung, ujungnya ada di Yogya sampai ke arah barat, Cilacap, sampai Tasik, Garut. Sekarang dari barat juga sudah kita mulai. Jadi, jaringan jalan tol yang sudah kita bangun sudah dalam rencana yang akan menghubungkan yang sekaligus mempercepat dan memperpendek waktu tempuh,” katanya. (B-002)***