Jelang Nataru, PEMKOT Bandung Pastikan Harga Dan Kualitas Kepokmas

5

Menjelang perayaan hari natal dan tahun baru 2020, NATARU, Walikota Bandung Oded Muhammad Danial bersama Petugas Dinas Pangan Dan Pertanian, DISPANGTAN, Kota Bandung, mengelar inspeksi mendadak, sidak, ke salah satu pasar tradisional terbesar di Kota Bandung, pasar kosambi. Dari hasil sidak, Oded menilai meski ada komoditas yang alami kenaikan namun dinilai masih dalam batas yang wajar.

Walikota Bandung Oded Muhammad Danial bersama Peugas dari Dinas Pangan Dan  Pertanian Kota Bandung, menggelar sidak di pasar kosambi Kota Bandung, guna memeriksa pasokan dan harga kebutuhan pokok masyarkat,kepokmas termasuk kualitas agar bebas dari bahan kimia berbahaya.

Dalam sidak tersebut, mang Oded bersama petugas mengecek satu per satu harga komoditas termasuk kualitas berbagai komoditas yang dipasarkan.

Menurut mang Oded, ia bersama jajarannya melakukan sidak di pasar kosambi untuk mengetahui harga dan pasokan kepokmas menjelang natal dan tahun baru. Mang oded merasa bersyukur karena hasil pengecekan baik stok maupun harga kepokmas relatif aman, walau  ada kenaikan tapi dalam batas wajar.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, komoditi yang mengalami kenaikan adalah telur ayam. Harga telur ayam sebelumnya 24 ribu, sekarang mengalami kenaikan menjadi 26 ribublima ratus rupiah per kilogram. Demikian juga dengan harga bawang merah  mengalami kenaikan dari 35 ribu menjadi 40 ribu rupiah per kilogram.

Sementara itu, harga komoditi lainnya relatif aman. Seperti harga daging sapi, daging ayam, bawang putih dan beras. Halnya dengan harga cabe rawit mengalami penurunan,dari yang sebelumnya 50 ribu,sekarang menjadi 40 ribu rupiah per kilogram.

Kepala Dinas Pangan Dan Pertanian Kota Bandung, Gingin Ginanjar, mengatakan bahwa menjelang Natal dan Tahun Baru semua harga stabil dan stok cukup, sehingga  kondisi ini harus disyukuri. meski awalnya pihaknya merasa khawatir menjelang Natal dan Tahun Baru akan mengalami kenaikan harga kebutuhan pokok, tapi setelah cek pasar harga stabil.

Melihat secara langsung harga serta kualitsa komoditas di pasar kosambi Bandung, Walikota Oded Muhammad Danial berharap tidak ada kenaikan yang signifikan saat perayaan Natal dan Tahun Baru. Demikian pula dengan kualitas komoditas yang dipasaran dalam kondisi yang baik dan sehat untuk dikonsumsi.

Yuwana Kurniawan, Bandung Tv.