Rebung Pohon Bambu Muda Digemari Para Penikmat Kuliner

39
Rebung Pohon Bambu Muda Digemari Para Penikmat Kuliner

Rebung adalah tunas muda pohon bambu. Penduduk Indonesia, bahkan Asia umumnya  rebung dijadikan bahan makanan. Selain digunakan sebagai campuran kuliner, rebung juga sering digunakan sebagai bahan sayur dan lemang. Saat ini, rebung banyak diolah menjadi berbagai macam makanan, di antarnya  tepung rebung yang memiliki kandungan pati tinggi, cuka rebung, keripik rebung, rebung beku, dan asinan rebung. Di daerah Jawa, rebung kering dikenal dengan nama klingking.

Sebelum dimasak, rebung dicuci bersih dan direbus. Rebung  dimasak dengan santan, teksturnya renyah yang mirip daging ayam. Rebung memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan dua belas asam amino penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Konsumsi rebung secara teratur diyakini merupakan salah satu tindakan preventif untuk menghambat berbagai jenis penyakit, termasuk kanker.

Namun salah mengolah rebung  juga bisa menjadi petaka besar bagi kesehatan manusia.  Racun rebung terletak pada getahnya yang mengandung zat glucosida dengan kandungan racun HCN (Cyanogenetic glucoside) yang dinamakan juga Linamarine (C10H17 O6N). Dengan adanya Glucosida ini, semua jenis rebung mengandung racun HCN. Kadar HCN pada rebung ada yang tinggi dan ada yang rendah. Ciri-ciri Rebung yang beracun berasa  pahit, karena mengandung sianida yang tinggi. Kadar HCN pada rebung dapat diturunkan dengan cara dikukus, direbus atau direndam terlebih dahulu, namun tidak bisa menghilangkan kadar keseluruhan HCN tersebut dalam rebung, karena glucosida fyang mengandung HCN pada rebung adalah bahan padat yang tahan terhadap pemanasan hingga 140 derajat C.

 Kadar HCN bisa meningkat atau menurun tergantung pada musim. Pada musim kering pertumbuhannya naik dan dengan bertambahnya usia rebung, maka kadar asam sianida akan semakin meninggi. Asam sianida larut dalam air. Ini terlihat dari semakin memudarnya warna rebung ketika dicuci. Hal ini membuktikan bahwa kadar asam sianida tak dapat dihilangkan sepenuhnya, tapi dapat diatasi dengan perendaman, perebusan ataupun cara ditumis.Dampak Keracunan Sianida pada Rebung adalah mual, penyempitan kerongkongan, muntah dan sakit kepala. Untuk mencegah keracunan bisa dengan cara membuang kulit luar rebung, diiris tipis, lalu direbus dalam air mendidih selama 2 jam (minimal 8-10 menit) dengan penambahan garam. Pada proses ini dapat mengurangi kadar sianida lebih dari 50-90 persen.Kemudian airnya dibuang, lalu rebus lagi hingga lunak,atau bisa juga dengan menambahkan air kelapa saat merebus.(kebunpedia).

Manfaat dari rutin makan rebung muda seperti dilansir  laman Healthybuilderz.

1. Tinggi serat
Rebung adalah makanan rendah kalori, namun  tinggi kandungan serat. Rebung sangat cocok dimakan untuk membantu proses diet.

2. Membantu mengkontrol tekanan darah
Rebung sangat kaya akan kandungan kalium yang sangat berguna  menurunkan kadar tekanan darah.

3. Sumber kolersterol baik
Kolesterol  dalam rebung  cukup banyak, jadi jika anda rutin makan rebung jumlah kolesterol (baik) akan meningkat , berguna untuk menekan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Merawat sistem pencernaan
Senyawa asam fenolat dan lignasnya sangat berguna sekali merawat usus dari serangan bakteri, virus dan juga sel kanker.

5. Membuat jantung lebih sehat
Tentu dengan jumlah kolesterol baiknya yang banyak ini berguna sekali untuk membuat jantung anda lebih terjaga kesehatannya.

6. Makanan anti kanker
Jumlah kandungan pitosterol dalam rebung sangat banyak, kandungan ini berguna sekali dalam mencegah berbagai serangan kanker. (E-001) ***