Program Rutilahu Berjalan Baik, DISPERKIMTAN Akan Tambah Jumlah Penerima Rutilahu Tahun 2020

29

Pemerintah Kabupaten Bandung, melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan – DISPERKIMTAN Kabupaten Bandung, sudah membangun sekitar dua ribu lima ratus rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni di tahun 2019 ini. Tahun depan, jumlahnya akan ditambah agar jumlah rumah tidak layak huni – rutilahu, di Kabupaten Bandung terus berkurang.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan – DISPERKIMTAN Kabupaten Bandung, Erwin Rinaldi mengatakan, pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas PERKIMTAN akan terus menambah jumlah warga penerima bantuan rutilahu,agar jumlah rutilahu di wilayah kabupaten bandung terus berkurang.

Di tahun 2019 ini, sudah sekitar dua ribu lima ratus lebih sudah dibangun rumah yang sebelumnya tidak layak huni menjadi rumah layak huni,dari berbagai anggaran,baik APBD Kabupaten Bandung, provinsi serta pemerintah pusat.

Di tahun 2020, jumlah pembangunan rumah tidak layak huni akan ditambah, seiring dengan program Bupati Bandung yakni program Raksa Desa, agar jumlah rumah tidak layak huni terus berkurang setiap tahunnya.

Nilai per unit untuk program rutilahu yakni berasal dari Bangub sebesar 17 juta lima ratus ribu rupiah, dari BSPS dan DAK sebesar 17 juta lima ratus ribu rupiah,dan dari APBD Kabupaten Bandung sebesar 16 juta empat ratus ribu rupiah.

Dengan dibantu swadaya masyarakat berupa tenaga pembangunan, maka anggaran tersebut bisa dimaksimalkan, agar seluruh masyarakat Kabupaten Bandung dapat menikmati rumah yang layak untuk ditinggali, serta jumlah rumah tidak layak huni tersebut bisa terus berkurang setiap tahunnya.

Rezytia Prasaja, Bandung Tv.,