Itemku Jajaki Ranah Produk Fesyen Sneakers

17

MARKETPLACE Itemku yang biasa dikenal sebagai wadahnya belanja para pecinta game kini mulai lebarkan sayap di barang hobi lainnya.

Itemku tak hanya menjual ragam perlengkapan dan peralatan dalam bermain gim. Seperti item dan skin, gold & currency, akun gim, voucher gim, hingga akuisisi (pembelian) gim saja.

Sneakers kini juga tersedia di marketplace besutan Sung Jin Kim CEO Itemku dan Jaeyoun Doh CTO Itemku pada 2013 silam.

“Kitakan dasarnya udah kuat di game marketplace, nah tahun depan kita akan jajaki marketplace produk hobi. Sebelumnya kita masuk ke market cassual, marketnya besar disitu dan kita udah cukup kuat disana,” jelas CPO Itemku Virdienash ditemui KONTAN di Kantor Itemku, Kawasan Jakarta Barat belum lama ini.

Tak hanya itu, Itemku juga merencanakan lebarkan sayap ke negeri gajah putih Thailand pada quartal tiga tahun depan. Ekspansi tersebut rencananya dilakukan usai pendanaan Itemku di tahun depan. Sayangnya pihak Itemku belum mau membuka mengenai recana adanya suntikan dana di tahun depan.

“Saat ini masih tahap running untuk funding, salah satu co-founder kita sedang di Korea untuk funding. Kemungkinan antara Januari – Maret nantinya ada pendanaan, semoga semua berjalan baik,” jelas Jaeyoun Doh.

Jaeyoun Doh memberi bocoran bahwa kemungkinan pendanaan akan datang dari investor negeri gingseng.

Selain untuk pengembangan ke ranah produk hobi lainnya serta ekspansi ke negara lain, Itemku akan menggunakan pendanaan nantinya untuk pengembangan aplikasi yang saat ini baru bisa diunduh lewat Playstore. Rencana aplikasi Itemku untuk versi 2.0 akan jalan sekitar awal tahun 2020.

Saat ini sudah ada sekitar 1 juta visitor dalam sebulan di Itemku. Tahun depan tak tanggung-tanggung akan dicoba untuk naikan visitor hingga 10 kali lipat. Sedangkan total seller atau penjual di marketplace yang unggulkan harga ramah kantong ini saat ini sudah ada 100.000.

Saban bulannya terdapat sekitar 200.000 order di Itemku masuk, oleh karenya ditargetkan order tahun depan dapat naik 10 kali lipat. Untuk fokus ke produk hobi seperti sneakers Virdienash menyebutkan masih ada 12 seller di tahap Minimum Viable Product (MVP) yang bekerja sama.

“Karena masih MVP sekarang untuk seller sneakers kita masih belum buka untuk umum. tetapi kita acquire beberapa toko sneakers yang punya nama di Jakarta terlebih dahulu untuk research problem lebih lanjut dari segi pricing, demand dan supply,” jelas Virdienash.

Yang jadi kekuatan dari platform Itemku salah satunya disebut Virdienash ialah pengeluaran pemasaran saat ini tergolong minim perbulannya. Hal itu lantaran Itemku mengandalkan content marketing to buildup more organic traffic, dan SEO.

“Do far memang kita belum burn a lot of money, dan dari proses validation beberapa tahun ini di loan approach, tahun depan kita ingin “lari” lebih cepat lagi dengan fresh new funding yang sedang dikerjakan oleh CEO kita yang kebetulan sedang di Korea saat ini,” jelasnya.

Menghadapi pemain di bisnis marketplace lainnya, Itemku memiliki beberapa keunggulan yang digunakan untuk mendorong peningkatan pengguna serta order.

Disamping harga yang jauh di bawah harga competitor (Cheapest = Unique Value Proposition itemku), adapula fitur supplier seperti Garansi 10 Menit Pengiriman, Pengiriman Instant, Anti-Hackback game jadi kekuatan platform marketplace itemku dalam memberikan best quality user experience. (C-003/BBS)***