Tips Cara Mencegah Banjir

48

Akhir-akhir ini sering terjadi musibah banjir, terutama di negara kita ini yaitu Indonesia. Begitu banyak hal yang dapat menyebabkan banjir entah itu dari kecerobohan masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan / dengan padatnya perumahan yang tidak sesuai dengan Amdal dan IMB. Disini BB akan membagikan cara mencegah terjadinya banjir.

Berikut 6 cara mencegah banjir :

  1. Buang sampah pada tempatnya

Buang sampah pada tempatnya dapat mengurangi tingkat kebanjiran. Banyak sekali masyarakat yang menyepelekan hal kecil seperti ini. Yuk coba mulai sekarang biasakan buang sampah pada tempatnya agar tidak terjadi banjir saat musim hujan tiba.

  1. Membangun rumah / tempat usaha sesuai Amdal dan IMB

Membangun rumah / tempat usaha sesuai Amdal dan IMB agar tidak terjadi dampak pada lingkungan hidup.

  1. Tanam pohon

Menanam pohon merupakan solusi utama dalam mencegah terjadinya banjir. Hampir setiap tahun pasti ada saja bencana banjir, lalu apa gunanya kita menanam pohon ? kegunaannya kita menanam pohon ya karena manfaatnya itu sendiri misalnya kita bisa mantaatkan buahnya, membuat udara menjadi lebih sejuk, bahkan yang paling utama dapat mencegah banjir karena dalam satu hari pohon besar bisa mengangkut 100 galon air di tanah dan melepaskannya ke udara. Tanpa adanya pohon, air yang jatuh akan langsung mengenai tanah. Aliran air di permukaan tanah pun semakin lama semakin mengikis permukaan tanah. Sedikit demi sedikit, tanahnya menghilang dan menimbulkan genangan air (banjir).

  1. Gunakan air ke tanah dengan bijak
  • Gunakan pancuran mandi dan keran yang hemat air.

Kebiasaan mandi dengan gayung bisa menghabiskan sekitar 15 liter air. Mandi dengan pancuran bisa menghemat air lebih dari 60 persen.

  • Siram tanaman di pagi hari

Menyiram tanaman pada siang hari akan membuat air menguap sebelum diserap. Disarankan menanam di musim hujan karena pada awal perkembangannya, tumbuhan membutuhkan lebih banyak air.

  • Matikan keran ketika mencuci tangan dan menyikat gigi

Batasi penggunaan air dengan gelas atau gayung, hal ini dapat menghemat 11 liter air per hari.

  • Bijaksana dalam mencuci pakaian

Cucilah pakaian saat tumpukan baju cukup banyak dan sesuai kapasitas mesin. Menggunakan mesin cuci yang hemat air dapat menghemat 11.400-34.000 liter air per tahun.

  • Kurangi siraman pada kloset

Minimalkan penggunaan siraman pada toilet duduk. Jika bau dan kotoran sudah hilang, tidak perlu menyiram toilet lagi. Gunakan kloset dengan pilihan penyiram ganda yang saat ini banyak di pasaran.

  1. Buat sumur resapan di area tinggal

Banyak sekali manfaat dari sumur resapan air yang mungkin kebanyakan dari kalian belum tau. Mau tau apa saja manfaatnya ?

Berikut manfaat sumur resapan air :

  • Menjaga kelembaban tanah di area sekitar sumur resapan
  • Memperkaya debit mata air di sekitar hilir
  • Mengurangi banjir di wilayah pemukiman hulu
  • Mempertahankan dna meningkatkan tinggi permukaan air tanah
  • Mengurangi erosi dan sedimentasi
  • Mengurangi atau menahan intrusi air laut bagi daerah yang berdekatan dengan kawasan pantai
  • Mencegah penurunan tanah (land subsidence)
  • Mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah (cal)

6. Dukung program infrastruktur pemerintah dengan taat membayar pajak.

 

(Lukman)***