KEMENAG Himbau Jangan Bawa Isu Agama Dalam Pilkada 2020

8

Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat menghimbau seluruh masyarakat khususnya kontestan Pilkada, agar tidak membawa isu agama, dalam kontestasi Pilkada 2020 mendatang. Tujuannya yakni guna menjaga kondusifitas dan kerukunan umat beragama di Jawa Barat, yang hingga saat ini sudah terjalin dengan baik.

Memasukinya tahapan pemilihan Kepala Daerah, Pilkada serentak tahun 2020, mendapat perhatian sejumlah pihak, salah satunya Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat.

Pihak Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat, menghimbau kepada seluruh kontestan Pilkada serta masyarakat, agar tidak membawa isu agama dalam perhelatan demokrasi Pilkada 2020.

Pasalnya, isu agama atau SARA rentan. Isu agama atau SARA, kerap dijadikan senjata politik guna menarik simpati masyarakat, dan menjatuhkan lawan saingan politiknya.

Selain dapat memecah belah masyarakat, dengan isu agama pun dapat merusak kerukunan umat beragama dan rasa toleransi, yang selama ini telah terjalin rukun di tengah masyarakat Jawa Barat.

Kepala Kanwil Kemenag Jabar, A. Buchori menyatakan, Provinsi Jawa Barat hingga kini terus memperbaiki indeks kerukunan umat beragama dan intoleransi, yang saat ini berada di bawah Provinsi Aceh dan Sumatra Barat.

Di Provinsi Jawa Barat, Pilkada serentak digelar di delapan Kota Kabupaten, yakni Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran, dan Kota Bekasi.

Yuwana Kurniawan, Bandung Tv.