Progress Citarum Harum 25%, PANGDAM Tingkatkan Silaturahmi

2

Setelah tiga tahun berjalan, saat ini, penyelesaian program Citarum harum sudah mencapai dua puluh lima persen. Pangdam tiga siliwangi pun meningkatkan silaturahmi dengan berbagai elemen masyarakat, agar citarum harum segera mencapai tujuan akhir.

Pangdam tiga Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menyatakan, hingga saat ini progress citarum harum baru mencapai 25 persen. Masih ada setidaknya 5 tahun lagi waktu yang ditargetkan untuk mencapai tujuan akhir Citarum harum. Dirinya pun berharap, Citarum harum bisa selesai dalam tiga tahun. Menurut pangdam, pengerukan sedimen, pelebaran sungai, pembuatan kanal sodetan sudah dilakukan. Dirinya akan terus bersilaturahmi dengan berbagai elemen masyarakat pertiga bulan, sehingga bisa memperoleh berbagai masukan. Dirinya pun berharap, warga di sekitar Citarum tidak membuang sampah sembarangan, serta menjaga lingkungan dengan baik, seperti yang telah disosialisasikan oleh para dansektor. Masyarakat diharap mengubah budaya sungai sebagai beranda belakang menjadi beranda depan.

Menurut ketua harian SATGAS Citarum harum, Mayjen Dedi Kusnadi Tamim menyatakan sampah domestik merupakan yang terbanyak ditemukan di citarum. Pihaknya pun berupaya membuat Ipal komunal di sepanjang bantaran sungai Citarum untuk mengatasi hal tersebut.

Sementara itu, kepala Dinas Lingkungan Hidup Jabar, Bambang Riyanto menyatakan, saat ini jabar masih kekurangan PPLH dalam keperluan penegakan hukum terkait Citarum harum. Untuk itu, Gubernur sudah mengeluarkan surat edaran, agar tiap Kabupaten Kota mencetak PPLH sebelum ada penegakan hukum oleh kepolisian.

Untuk penanganan Citarum, pangdam tiga Siliwangi pun berharap, dan sektor bekerja lebih giat, menjaga local wisdom, dan selalu berbicara dengan rakyat.

 

Budi Hartati, Bandung Tv.