Tanggap Bencana, DPRD JABAR Usulkan Pengadaan Helikopter

10

Menyikapi bencana banjir dan longsor yang terjadi di beberapa wilayah di Jabar awal tahun ini, DPRD Jabar mengusulkan pengadaan helikopter untuk Gubernur. Ketua DPRD jabar pun menyatakan, usulan yang mengemuka dalam rapat paripurna tersebut, akan dimusyawarahkan kembali.

Dalam sidang paripurna senin pagi, salah satu anggota DPRD Jabar dari fraksi demokrat, Irfan Suryanagara, mengemukakan usulannya agar diadakan sarana mobilitas yang memadai bagi Gubernur, saat mengunjungi korban bencana.

Usulan tersebut ditanggapi ketua DPRD Jabar, Taufik Hidayat, dengan rencana pengadaan helikopter. Menanggapinya, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyatakan, dirinya menyerahkan hal tersebut ke dewan. Gubernur menambahkan, untuk penanganan bencana saat ini, dirinya berbagi tugas dengan wakil gubernur, karena sifatnya besar, dan jaraknya jauh-jauh.

Sementara itu, ketua DPRD Jabar, Taufik Hidayat menyatakan, jika ada pengadaan, helikopter tersebut harus digunakan bukan hanya untuk bencana. pihaknya akan memusyawarahkan usulan tersebut. Yang terpenting baginya, Eling sadayanan untuk rakyat jabar.

Gubernur Jabar pun menyatakan, untuk penanganan bencana, pihaknya sudah menurunkan bantuan tanggap darurat satu milyar rupiah masing-masing ke KBB, depok, dan Kabupaten Bekasi. Sedangkan kabupaten bogor mendapatkan satu koma lima milyar rupiah, dan Kota Bekasi dua milyar rupiah. Ridwan Kamil berharap, dana tersebut menguatkan bantuan terhadap korban bencana.

Budi Hartati, Bandung Tv.