Ajak Para UMKM Mejeng di Pameran Internasional

11

PEMERINTAH Indonesia terus mendorong agar Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) bisa masuk go Internasional. Salah satunya adalah lewat ajang pameran festival di berbagai belahan negara.

Duta Besar Indonesia untuk Ekuador, Dieny Tjokropranolo mengatakan di Ekuador peluang UMKM Indonesia cukup besar. Apalagi, dalam satu tahun ada beberapa event yang akan dilakukan di negara belahan Amerika Selatan itu.

“Kita sama sama membutuhkan ajang untuk saling memperkenalkan produk UMKM. Jadi di Ekuador itu ada beberapa festival yang bisa kita ikuti untuk ajang UMKM,” kata dia saat ditemui di Kementerian Koperasi dan UKM di Jakarta, Senin (13/1/2020).

Dia mengatakan selama ini masyarakat di sana cukup menggemari berbagai produk UMKM buatan anak bangsa. Mulai dari produk alas kaki, furniture, fashion, kosmetik, hingga obat-obatan herbal.

Dengan peluang itu, maka dapat menjadi gerbang bagi para UMKM lokal untuk bisa mejeng dipameran Internasional. Nantinya, dari beberapa event tersebut akan ada pameran besar seperti Centro Interamericano de Artesanias Artes Pupulares (CINDAP) pada November.

“Nanti awal November seluruh Amerika Selatan berpusat di Ekuador lewat CINDAP dengan pengunjung 500 ribu orang setiap tahun saya (komitmen) ikut membawa UMKM macem-macem yang kemarin dari NTT Bali dan Jakarta,” imbuh dia.

Baca juga: Bersertifikat Halal, UMKM Sektor Makanan dan Minuman Mendominasi

Dia menambahkan saat ini memang hubungan kerja sama antar kedua negara masih baru, sehingga penjajakan perdagangan sangat diperlukan. Dengan begitu diharapkan lewat gelaran-gelaran besar akan meningkatkan produk UMKM Tanah Air.

“Ini adalah peluang yang baik. Indonesia akan jadi kalender tahunan satu hal yang sangat positif membuka peluang,” tandas dia. (C-003/MDK)***