Lima Perusahaan UKM Disidak SATGAS Citarum Harum

20

Sebanyak lima perusahaan, usaha kecil menengah atau UKM di kawasan Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, diberikan pembinaan oleh Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 8. Sebelumnya, Satgas Citarum Harum Sektor 8 menemukan limbah pembuangan, yang sengaja dibuang di parit pinggir perusahaan, oleh lima perusahaan tersebut.

Dengan adanya kejadian tersebut, Satgas Citarum Harum Sektor 8 memberlakukan penutupan paksa dan pembinaan kepada lima perusahaan UKM tersebut, bersama Dinas Lingkungan Hidup.

Setelah dilakukan penindakan dan pembinaan, kelima perusahaan UKM tersebut langsung membuat pengolahan IPAL. Sebelumnya, kelima perusahaan UKM tersebut, membuang limbah secara langsung ke parit yang berada di belakang perusahannya.

Menurut Dansatgas Citarum Harum Sektor 8– Kolonel Inf Belyuni Herliansyah, sebelumnya pihaknya mendapatkan laporan dari warga sekitar yang melihat adanya perusahaan, yang membuang limbah cair ke parit dan anak sungai Citarum. Air limbah tersebut mengeluarkan bau tidak sedap dan menyengat. Mendapatkan laporan tersebut, pihakhya langsung melakukan sidak dan memberikan himbauan kepada seluruh perusahaan yang diduga kuat melakukan pelanggaran tersebut.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat, agar berperan aktif untuk membantu Satgas Citarum Harum, dengan melaporkan dalam bentuk dugaan pelanggaran oleh perusahaan-perusahaan nakal, yang dengan sengaja membuang air limbah ke sungai.

 

Rezytia Prasaja, Bandung Tv.,