Menteri PUPR Tinjau Proyek Terowongan Curug Jompong

28

Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, meninjau proyek pembangunan terowongan Nanjung, di Marga Asih, Kabupaten Bandung. Terowongan tersebut, dibangun untuk mengatasi permasalahan banjir di cekungan Bandung seperti Baleendah, Dayeuh Kolot dan Bojong Soang.

Menteri Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono didampingi Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengunjungi proyek pembangun terowongan Nanjung yang berada di kawasan Marga Asih, Kabupaten Bandung.

Proyek pembangunan terowongan bertujuan untuk mengatasi permasalahan banjir, akibat luapan sungai Citarum yang berada di cekungan Bandung seperti Baleendah, Dayeuh Kolot dan Bojong Soang.

Menurut Menteri PUPR– Basuki Hadimuljono, meski belum sepenuhnya selesai, proyek terowongan Nanjung tersebut, sudah terlihat berdampak di KAWASAN daerah banjir. Pada saat banjir di bulan Desember tahun lalu, genangan di permukiman biasanya bertahan hingga berhari hari. Namun setelah difungsikan Curug tersebut, banjir hanya mengggenang selama beberapa jam saja.

Sementara Gubernur Jawa Barat– Ridwan Kamil mengungkapkan, selain mengatasi banjir di Cekungan Bandung, pihaknya pun akan melakukan upaya permasalahan banjir di Karawang dan Bekasi. Rencananya, dengan biaya Empat Triliyun Rupiah, proyek di dua wilayah tersebut akan dilakukan.

Proyek terowongan Nanjung yang berada di Marga Asih tersebut, akan segera rampung. Dengan adanya dua terowongan, membuat aliran sungai Citarum cepat mengalir. Rencananya pada akhir bulan Januari 2020, terowongan Nanjung akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia.

Rezytia Prasaja, Bandung Tv.,