BAWASLU Gelar Sosialisasi Jelang PILKADA 2020

9

Badan Pengawas Pemilu – BAWASLU JABAR,menggelar sosialisasi jelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 mendatang, kepada aparatur sipil negara, ASN, TNI dan POLRI. Bawaslu berharap, para aparatur negara tersebut tidak terlibat dalam perhelatan Pilkada mendatang.,

Sosialisasi yang digelar di salah satu Hotel di Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi itu, lebih di fokuskan kepada netralitas bagi aparatur sipil negara, ASN. Pasalnya selama ini para ASN sangat rentan terhadap ajakan-ajakan kampanye dan terlibat dalam politik. Dalam Undang-Undang ditegaskan, bahwa setiap aparatur sipil negara, tidak boleh terlibat dalam kegiatan politik. Selain itu, netralitas ASNĀ  diwajibkan dalam setiap penyelenggaraan Pemilu, termasuk Pemilukada.

Bila terbukti melanggar, akan dikenakan sanksi tegas hingga pemecatan. Bawaslu juga mengingatkan kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi, untuk tidak melakukan rotasi dan mutasi jabatan, terhitung enam bulan sebelum penetapan pasangan calon sampai akhir masa jabatan, kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri.

Dalam kesempatan itu untuk terciptanya pilkada aman dan damai, TNI, POLRI dan Pemkab Sukabumi lakukan penandatanganan dan deklarasi damai saat Pilkada Bupati dan Wakil Bupati 2020 mendatang.

Budi Setiawan, Bandung Tv.