Gubernur Serahkan Masalah Wiyataguna Ke Kementerian Sosial

6

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan permasalahan Wiyataguna ke Kementerian Sosial. menurut Ridwan kamil, dirinya telah memberikan beberapa solusi, diantaranya tempat tinggal di Dinas Sosial di Cibabat, namun ditolak oleh para disabilitas tersebut.

Menanggapi permasalahan Wiyataguna, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, dirinya telah berupaya melakukan mediasi dan memberikan beberapa solusi, diantaranya pemberian tempat tinggal di dinas sosial di Cibabat. namun solusi tersebut ditolak, sehingga dirinya pun menyerahkan permasalahan tersebut ke Kementerian Sosial.

Sementara itu, menurut salah satu penyandang disabilitas yang saat ini merasa terusir, Elda menyatakan, dirinya berharap wiyataguna dikembalikan menjadi panti. Menurut mahasiswa Ikip Siliwangi semester 4 ini, setidaknya ada 32 orang yang terpaksa tinggal di tenda di atas trotoar depan Wiyataguna, karena diusir oleh pihak balai.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensori Netra, Sudarsono menyatakan para penyandang disabilitas yang tinggal di tenda tersebut terdampak oleh perubahan layanan, yang sebenarnya untuk mempercepat mereka mendapatkan kemampuan untuk menjadi mandiri. Mereka merupakan mahasiswa yang sudah diberikan pelatihan selama 6 bulan. Sedangkan para penyandang disabilitas yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar, SMP, dan SMA, masih dapat menempati Wiyataguna.

Sudarsono menambahkan, asrama di balai tersebut berkapasitas 150 orang. Selain untuk anak SD, SMP, dan SMA, asrama tersebut diperuntukan bagi penyandang disabilitas yang mendapatkan pelatihan selama 6 bulan.

Budi Hartati, Bandung Tv.