Aplikasi Penguras Baterai HP dan Cara Mengatasinya

88

SAAT ini, beberapa vendor ponsel membuat perangkat dengan kapasitas baterai ‘jumbo’ hingga 5.000 mAh. Meski begitu, ada sejumlah aplikasi yang diam-diam dapat menguras daya ponsel.

Namun, kita tak perlu khawatir dan mengatasinya dengan mengubah setting atau pengaturan yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Berikut 5 aplikasi dan cara pencegahan agar baterai ponsel tidak terkuras menurut Tech Engage:

  1. Snapchat

Layanan media sosial populer, Snapchat disebut aplikasi yang paling menyedot baterai ponsel. Hal ini disebabkan oleh dua faktor yaitu fitur notifikasi yang terus muncul dan fitur lokasi yang dapat melacak pengguna-nya secara real time.

Untuk mematikan fitur lokasi, buka aplikasi Snapchat lalu klik Settings (Pengaturan), pilih tab Who Can (Siapa yang Bisa), klik See My Location (Lihat Lokasi Saya), dan pilih Ghost Mode (Mode Hantu).

  1. Netflix

Aplikasi video-on-demand, Netflix. Senada dengan Snapchat, aplikasi ini juga menguras baterai ponsel dengan cara mengirim notifikasi.

Agar baterai tak terkuras, Anda disarankan untuk membuka Netflix melalui situs resmi-nya.

Baca juga: Cara Merawat dan Jaga Kesehatan Baterai HP

  1. Youtube

Youtube juga masuk daftar aplikasi video streaming yang memakan kapasitas daya ponsel. Untuk menanggulangi masalah ini, Youtube telah membuat fitur “Remind Me to Take Break” atau Ingatkan Saya Untuk Istirahat.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur jam menonton. Caranya, buka aplikasi Youtube, klik akun Youtube Anda dan pilih Settings (Pengaturan).

Setelah itu, pilih menu General (Umum) lalu pilih Remind Me To Take A Break dan atur waktu menonton sesuai dengan keinginan Anda.

  1. Facebook

Banyak proses yang dijalankan aplikasi Facebook saat Anda selesai menggunakan salah satu layanan media sosial populer itu, seperti menyinkronisasi kontak dan menjalankan layanan notifikasi.

Oleh karena itu, Anda diharuskan untuk mematikan semua notifikasi dari dalam aplikasi atau pengaturan dari ponsel Anda.

  1. WhatsApp

Aplikasi pesan instan WhatsApp juga dapat mengurasi baterai ponsel. Sayangnya, tidak ada alternatif yang memungkinkan untuk mengurasi pemborosan baterai.

Yang dapat Anda lakukan adalah membatasi penggunaan aplikasi. Adapun cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur kapasitas daya melalui pengaturan langsung yang ada di dalam ponsel.

Jika Anda pengguna Android, buka Settings (Pengaturan), klik Battery (Baterai), lalu pilih menu Batasi untuk membatasi pemakaian aplikasi.

Lalu, jika Anda pengguna iOS, Anda dapat melihat aplikasi apa yang memakan baterai ponsel paling banyak. Caranya, buka Settings (Pengaturan), pilih Battery (Baterai), klik Battery Health (Kesehatan Baterai) lalu Show Activity (Perlihatkan Aktivitas) seperti dilansir CNBC.

(C-003/DAL)***