Milenial Harus Tahu Kemajuan Digital Indonesia

7

PEMERINTAH harus mengenalkan potret perkembangan digitalisasi yang dikerjakan di Indonesia kepada masyarakat khususnya kaum milenial.

Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat menghadiri Indonesia Millenial Summit 2020 di The Tribrata, Jakarta, Sabtu (18/01/2019).

“Para milenial kita ini, perlu terus diberikan informasi negaranya itu seperti apa. Kebetulan hari ini terkait dengan pariwisata dan telekomunikasi,”ujar Menteri.

Di hadapan ratusan milenial yang hadir di acara tersebut, Menteri Johnny menyatakan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan kehebatan dalam pembangunannya.

Baca juga: 16th Forwot Indonesia Dituntut Kreatif dan Menjaga Profesionalitas di Tengah Era Digitalisasi

“Kita memberikan gambaran, ini loh, potret bangsa dan negaranya yang sudah menjadi bangsa yang sangat besar karena mempunyai infrastruktur telekomunikasi dan informatika yang hebat,” ujarnya dalam yang diselenggarakan oleh IDN Times itu.

Menteri Kominfo menjelaskan jaringan infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring yang menghubungkan seluruh kabupaten dan kota dengan jaringan internet kecepatan tinggi.

“Kita sudah mempunyai fixed broadband, ada 340 ribu lebih kilometer fiber optik di darat dan di laut Indonesia yang menghubungkan semua titik-titik di negara kita ini,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Menteri Johnny, Indonesia juga mempunyai mobile broadband yang merupakan komitmen antara pemerintah dan perusahaan-perusahaan telekomunikasi. Saat ini, Indonesia telah memiliki lima satelit.

“Indonesia bersama perusahaan-perusahaan telekomunikasinya menggunakan lima satelit multifungsi untuk memastikan tersedianya internet dimana-mana di Indonesia. Kita sudah membangun base station (BTS) di 400 ribu lebih, dan Indonesia akan mempunyai tiga satelit baru,” imbuhnya. (C-003/ABD)***