Antisipasi Tertular Virus Corona, Tingkatkan Pola Hidup Sehat

11

Sementara itu, RSHS Bandung sebagai Rumah Sakit rujukan nasional, menyediakan ruangan khusus bagi pasien yang diduga tertular virus corona. Pihak RSHS pun mengimbau agar masyarakat waspada, dan meningkatkan pola hidup sehat, diantaranya biasakan mencuci tangan.

Menyikapi wabah virus corona di negara China, kewaspadaan ditingkatkan Rumah Sakit rujukan nasional di Bandung, yaitu RSHS. Ruangan khusus bagi pasien yang diduga tertular virus corona pun disiapkan. Setidaknya terdapat 5 ruang isolasi infeksi khusus, 30 infeksi umum, dan 5 ruang infeksi di IGD. Selain itu, disiapkan juga peralatan kesehatan yang standar untuk pelayanan infeksi. SDM untuk penanganan infeksi seperti corona pun telah disiapkan, hingga pelatihan bagi para petugas keamanan. Tak hanya itu, jalur untuk penanganan pasien terduga corona pun dipersiapkan khusus.

Gejala yang ditimbulkan jika seseorang terjangkit virus corona mirip pada orang yang terjangkit influensa, yaitu suhu tubuh meningkat, sakit tenggorokan, batuk, hingga bersin dan pilek. Namun, gejala tersebut mengalami perburukan dengan cepat dengan penyebab tidak jelas. Untuk mendeteksi seseorang diduga tertular virus corona, riwayat traveling menjadi komponen penting yang ditanyakan, karena virus ini sudah mewabah di luar negeri, seperti China. Sebagai upaya agar terhindar dari infeksi virus yang berasal dari binatang tersebut, masyarakat pun diimbau untuk meningkatkan pola hidup sehat, seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker saat terserang flu, dan menghindari sering menyentuh mulut ataupun hidung.

Budi Hartati, Bandung Tv.