Jelang Imlek Harga Cabai Rawit Tembus 120 Ribu Per Kilogram

5

Jelang perayaan tahun baru imlek, sejumlah harga komoditas cabai di pasar tradisional, Kabupaten Cianjur, mengalami kenaikan signifikan. Salah satunya harga cabai rawit merah, dari harga 45 ribu rupiah, kini naik hingga tembus 120 ribu rupiah perkilogramnya. Kenaikan harga cabai tersebut,  disebabkan akibat cuaca buruk sejak dua pekan terakhir.

Sejak dua pekan terakhir, harga komoditas cabai di pasar Muka, Kabupaten Cianjur, hingga kini sudah mengalami kenaikan yang signifikan. Seperti harga cabai rawit merah dari harga 45 ribu, naik menjadi 120 ribu rupiah perkilogramnya. Cabai merah tanjung, dari harga 40 ribu, kini naik di kisaran 100 rupiah perkilogramnya. Sedangkan cabai kriting juga kini mengalami kenaikan dari harga 30 ribu, naik menjadi 70 ribu rupiah perkilogramnya. Tidak hanya cabai yang mengalami kenaikan, bawang putih pun saat ini, menjadi 40 ribu rupiah perkilogramnya, dari harga 28 ribu rupiah. Sedangkan untuk harga daging ayam potong, dan daging sapi, serta telur ayam, masih setabil.

Kenaikan harga cabai dan bawang putih tersebut, selain adanya perayaan tahun baru imlek, juga disebabkan oleh faktor cuaca buruk, yang mengakibatkan para petani mengalami gagal panen cabai, sehingga pasokan cabai sulit diperoleh oleh pedagang di pasaran. Tingginya harga cabai tersebut, sangat berdampak sekali terhadap pembeli. Saat ini daya beli masyarakat terhadap cabai rawit, cabai tanjung dan bawang putih, mulai berkurang.

Kenaikan harga komoditas cabai di pasar Muka Cianjur tersebut, dibenarkan oleh pihak pengelola pasar. Namun untuk kenaikan harga cabai rawit, tidak dipengaruhi adanya imlek. Kenaikan cabai dan bawang putih tersebut, sudah terjadi sejak awal bulan Januari, hingga sekarang terus merangkak naik.

Terkait kenaikan harga cabai, pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Meski demikian, pihaknya pun akan terus melakukan pemantauan harga di pasaran, untuk segera di laporkan ke pihak terkait untuk segera ditanggulangi.

 

Heri Setiawan , Bandung Tv .,