Banjir Bandung Selatan, Ribuan Rumah Warga Terendam

19

Ribuan rumah warga di tiga kecamatan di Kabupaten Bandung, terendam banjir dari luapan sungai Citarum, sedalam hampir 2 meter. Kondisi tersebut, sudah berlangsung sejak 5 hari terakhir.

Guyuran hujan yang melanda wilayah Bandung Selatan dan Kota Bandung, sejak minggu malam kemarin, membuat sungai terpanjang di Jawa Barat yakni sungai Citarum, meluap. Akibatnya, ribuan rumah warga di tiga kecamatan di Kabupaten Bandung yakni Baleendah, Dayeuh Kolot, dan Bojong Soang, terendam banjir. Kedalaman air bervariatif, mulai dari titik terendah dengan kedalaman lima puluh centimeter, hingga di titik terdalam yakni mencapai dua meter. Warga pun harus menggunakan perahu kayu, ban serta delman, untuk menembus genangan banjir demi beraktivitas seperti biasanya. Kondisi tersebut, mulai terjadi sejak 7 hari lalu, namun kondisi banjir memburuk sejak 3 hari terakhir. Meski demikian, warga masih memilih untuk bertahan di lantai dua rumah mereka, dengan harapan banjir cepat surut dan bantuan yang disalurkan menjadi lebih merata.

Selain merendam pemukiman warga, banjir pun merendam jalan utama penghubung Kabupaten Bandung, menuju Kota Bandung dengan ketinggian 50 centimeter. Akibatnya, arus lalu lintas menjadi terganggu.

Setiap musim penghujan tiba, banjir merendam pemukiman warga di tiga kecamatan di Kabupaten Bandung.

Rezytia Prasaja, Bandung TV,