Dampak Pariwisata Indonesia Akibat Virus Corona

22

Merebaknya epidemi Virus Corona di negeri China, tidak bisa dipungkiri akan berdampak pada industri pariwisata di Indonesia. Hal ini bisa dimengerti mengingat pelancong dari negeri tirai bambu merupakan salah satu pelancong dengan jumlahtertinggi yang mengunjungi Indonesia setiap tahunnya. Antisiapsi penyebaran virus ini telah dilakukan oleh pemerintah melalui pemetaan rujukan rumah sakit di seluruh Indonesia. Selain itu pada beberapa bandara yang memiliki penerbangan langsung dengan China pihak otoritas bandara telah menyiapkan prosedur penanganan untuk para penumpang asal China.

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan larangan terbang bagi maskapai RI kedandari Wuhan, China padaJumat (24/1/2020) kemarin. Hal itu dilakukan demi mencegah penyebaran virus baru corona virus atau novel coronavirus (nCoV) yang mematikan. Dikutip dari beberapa portal berita Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio memastikan dampak kebijakan sementara itu belum banyak berpengaruh terhadap sektor pariwisata dalam negeri.”(Wisatawan) China kanbesaryakira-kira 1 miliarlebih, Wuhan hanya salah satu saja, nggak berdampak menyeluruh,” ujar Wishnutama di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (27/1/2020).Menurutnya, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Indonesia awal tahun ini masih lebih tinggi ketimbang tahun sebelumnya yang mencapai sekitar 1,2juta orang.

Masih ditempat sama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama mengatakan, untuk kondisi saat ini pihaknya tidak ingin bergantung dari China. Sebab banyak potensi lain yang besar dan akan dikejar utamanya di negara-negara bagian Eropa. “Banyak potensi lain terutama yang jarak jauh. Amerika, Eropa. Pariwisata mencari potensi dari negara lain. Pariwisata kita tidak boleh kesatu negara, strategi kita juga wisatawan yang berkualitas,”Tak hanya menyasar kebagian Eropa, pihaknya juga akan mengincar beberapa wisatawan asing yang potensinya cukup tinggi. Di antaranya adalah Australia dan New Zealand.