Tahun 2020 Satu Lagi Pabrikan Otomotif China Akan Masuk Ke Indonesia

2169

Kompetisi industri otomotif di tanah air semakin menarik, terlebih sejak hadirnya Wuling dan DFSK. Kedua merek mobil asal China ini menawarkan produk-produk yang tak kalah menarik.

Di pasar mobil penumpang, Wuling bermain dua segmen, yaitu kelas Multi Purpose Vehicle dan Sport Utility Vehicle. Sementara DFSK masih bertahan di pasar SUV dengan Glory 560 dan Glory 580.

Menelisik penjualannya, kedua merek asal Tiongkok itu mulai merecoki pasar mobil Jepang. Tidak heran, karena produk-produk yang ditawarkan berlimpah fitur namun dengan harga terjangkau.

Keduanya juga sudah mendirikan pabrik sejak hadir di tanah air,  semua produk yang ditawarkan produksi lokal. Tujuan mereka mendirikan tempat produksi untuk merambah pasar ekspor.

Setelah Wuling dan DFSK, masih ada lagi merek mobil asal Tiongkok yang akan menancapkan kuku bisnisnya. Hal itu disampaikan   Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Jongkie Sugiarto.

Merek campuran Inggris-China, Morris Garage (MG) dikabarkan akan mencoba peruntungan di Indonesia.

MG sendiri sebenarnya merek asal Inggris yang dibeli perusahaan asal China, Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC).

Jongkie menjelaskan, pihak Gaikindo siap menyambut baik merek apapun yang ingin atau berminat untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

“Ya kami dari Gaikindo welcome saja, Saya belum bisa memastikan apakah mereka jadi datang atau tidak tahun ini, kalau jadi datang ya… kami terima dengan senang hati,” papar Jongkie .

Adapun Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) sudah tidak asing di Indonesia, mengingat perusahaan pelat merah asal China ini sudah lebih dulu masuk dengan brand Wuling Motors.

Sumber yang enggan disebutkan identitasnya  menyebut, MG bakal memboyong langsung 2 varian SUV andalannya, dengan target sekitar 3.000 unit/tahun. (E-002)***