Banjir Mulai Surut, Sebagian Warga Bersihkan Rumah Dari Endapan Lumpur

5

Banjir akibat luapan sungai Citarum yang merendam ribuan pemukiman warga di Kabupaten Bandung, Rabu pagi, mulai surut dengan ketinggian 50 sentimeter. Sebagian warga, kini disibukan dengan aktifitas membersihkan rumah pasca digenang banjir.

Banjir akibat luapan sungai Citarum yang merendam sedikitnya 4000 rumah warga di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Rabu pagi, mulai surut. Meski mulai surut, beberapa daerah di kampung Bojong Asih masih ada yang terendam oleh banjir dengan ketinggian 50 senti meter. Karena masih terendam, aktifitas warga masih terganggu, sebagian besar terpaksa menerobos genangan banjir dengan berjalan kaki dan menggunakan sepeda motor. Sementara itu, warga yang rumahnya sudah tidak terendam banjir, mulai membersihkan perabotan, seperti televisi dan dinding tembok yang kotor oleh lumpur. Banjir yang merendam daerah Dayeuh Kolot, sudah terjadi sejak 1985.

Meski telah surut, warga masih khawatir akan datangnya banjir susulan. Sampai saat ini, pemerintah telah berupaya membangun tol air di curug Jompong, dan berencana membangun 8 proyek lain, agar dapat mengatasi permasalahan banjir di Kabupaten Bandung.

Rezytia Prasaja, Bandung Tv,