Jokowi Resmikan Program Gerakan Eliminasi Tbc 2030

7

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, meresmikan Gerakan Bersama Menuju Eliminasi Tuberkulosis TBC 2030, yang digelar di Technopark, Kota Cimahi, Rabu siang. Jokowi meminta kepada semua stakeholder, agar berperan aktif mensukseskan program tersebut, agar kualitas sumber daya manusia, meningkat.

Dalam kedatangannya, Presiden Joko Widodo didampingi oleh sejumlah Menteri, diantaranya Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan, Menko PMK, Muhadjir Effendy. Selain itu turut hadir Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil Dan Walikota Cimahi, Muhamad Ajay M Priatna.

Permasalahan penyakit TBC memang harus dibenahi karena berpengaruh negatif, bukan hanya pada sektor kesehatan masyarakat, tetapi juga berkaitan dengan produktivitas masyarakat. Untuk kelasungan kesehatan bersama, Jokowi berharap seluruh masyarakat indonesia sehat, dengan SDM unggul menjadi prioritas utama. Ia sangat mendukung kegiatan eliminasi TBC pada tahun 2030.

Menurut Jokowi, kesehatan seluruh masyarakat menjadi prioritas utama agar sektor pendidikan, sektor kerja dan sektor lainnya dapat berkembang pesat.

Indonesia kini menempati urutan ketiga, untuk kasus tbc terbanyak di dunia setelah India dan China. Bahkan penyakit tersebut, termasuk salah satu dari lima besar penyebab di Indonesia sepanjang tahun 2007-2017.

Algi Muhammad Ghifari, Bandung Tv,