Mantan Dirjen Bimas Hindu, I Wayan Gunawan, Dimakamkan Di Tmp Cikutra

10

Mantan Direktur Jendral Bina Masyarakat Hindu, I Wayan Gunawan, dimakamkan secara militer, di Taman Makam Pahlawan Cikutra Bandung, pagi tadi. I Wayan Gunawan meninggal di Rumah Sakit Angkatan Darat Dokter Salamun, sekitar pukul enam waktu Indonesia Barat, selasa kemarin, karena sakit.  

Upacara pemakaman mantan direktur jendral bina masyarakat Hindu dan Budha periode Tahun 1997 hingga 2 ribu, diselenggarakan secara militer, di taman makam pahlawan bahagia Cikutra Bandung, rabu pagi. Upacara pemakaman tersebut dipimpin direktur ajenad brigjen TNI FF Fransis wewengkang sebagai inspektur upacara.

Dalam upacara yang dimulai sekitar pukul 9 Waktu Indonesia bagian Barat tersebut, inspektur upacara, direktur Ajenad Brigjen TNI FF Fransis wewengkang menyatakan, semasa hidupnya, almarhum I Wayan gunawan menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

Sambutan irup di mata keluarganya, almarhum I Wayan Gunawan merupakan sosok yang pendiam tapi sangat berpegang teguh pada nilainilai kebaikan, seperti kesederhanaan dan kejujuran. Seperti yang diungkapkan anak kedua almarhum, Dodi Irawan.

Sementara itu, di mata temantemannya, almarhum merupakan sosok yang pendiam, sopan, dan sangat membantu bangsa dan negara. seperti yang diungkapkan Mayjen TNI Purnawirawan Sri Dono. Menurutnya, almarhum memiliki pengalaman yang hebat mulai dari administrasi hingga perang.

Ungkapan hormat pun dinyatakan mantan ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kota Bandung, Letkol Purnawirawan I Nyoman Kesawan. Menurutnya, almarhum memberikan contoh yang baik dari segi pemikiran, perkataan, dan perbuatan untuk bangsa dan negara.

Almarhum I Wayan Gunawan meninggal pukul 6 wib selasa 28 januari kemarin, di rumah sakit angkatan darat dokter salamun. Pemakaman almarhum tersebut pun diakhiri dengan upacara secara hindu.

Budi Hartati, Bandung Tv.