Presiden Jokowi Resmikan Terowongan Nanjung-Curug Jompong

10

Presiden Joko Widodo, bersama sejumlah Menteri, beserta Gubernur Jawa Barat dan Bupati Bandung, meresmikan beroperasinya terowongan Nanjung, di kawasan Marga Asih, Kabupaten Bandung. Diharapakan, dengan beroprasinya terowongan Nanjung, dapat mengendalikan banjir, di sejumlah daerah di Kabupaten Bandung.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, beserta rombongan, meninjau dan sekaligus meresmikan trowongan Nanjung, di Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung. Pembangunan terowongan Nanjung tersebut, dimulai sejak bulan November 2017 , dan selesai pengerjaan pada November 2019 lalu, dengan anggaran APBN sebesar 316 miliyar rupiah. Terowongan Nanjung terdiri dari dua tunel, dengan panjang masing-masing tunel 230 meter dan berdiameter 8 meter. Terowongan Nanjung tersebut, dibangun untuk meperlancar aliran air sungai Citarum di curug Jompong, dan diprediksi dapat mengendalikan banjir yang kerap terjadi di cekungan Bandung, seperti wilayah Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah, dan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Selain membangun terowongan Nanjung, untuk mengatasi permasalahan banjir, Pemerintah pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, kini tengah membuat floodway Cisangkuy, dan beberapa kolam retensi.

Seperti diketahui, setiap musim penghujan datang, beberapa wilayah di Bandung selatan menjadi wilayah yang sering terendam banjir, terutama di kawasan Dayeuhkolot, Baleendah, dan Bojongsoang. Diharapkan dengan adanya trowongan Nanjung dan beberapa kolam retensi, dapat menanggulangi permasalahan banjir di Bandung selatan.

Rezytia Prasaja, Bandung Tv,